Harga Bawang Putih Melonjak, Bawang Merah Anjlok – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Harga Bawang Putih Melonjak, Bawang Merah Anjlok

Salah seorang konsumen saat menyambangi lapak milik Murni, salah seorang pedagang sembako di Pasar Sentral Palakka, Minggu, 7 Mei kemarin.

PENULIS : RISNAWATI

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Jelang ramadan, harga sembako mulai bergerak naik. Salah satu yang cukup menonjol adalah harga bawang putih, kini nyaris menembus Rp50 ribu perkilogram. Pergerakan harga sudah terjadi April lalu.

Setelah harga cabai turun, giliran bawang putih yang melambung harganya. Informasi yang dihimpun dari pedagang di Pasar Sentral Palakka, menunjukkan adanya kenaikan harga sembako, khususnya bawang putih. Jika sebelumnya, harga bawang putin berada di kisaran Rp35 ribu perkilogram, kini sudah nyaris menembus Rp50 ribu.

“Sudah satu minggu harga bawang putih naik dengan harga Rp 48.000 perkilonya,” ungkap Murni, salah seorang pedagang saat ditemui penulis, Minggu, 7 Mei kemarin.

Diakui Murni, dirinya sudah sekira delapan tahun menjadi pedagang, bawang putih selalu melonjak harganya setiap jelang ramadan.

“Setiap masuk bulan puasa harga bawang putih naik. Tahun lalu itu harganya sampai Rp 60.000 perkilo. Untuk saat ini, kenaikannya baru menjadi Rp48.000 perkilo, akan tetapi mungkin masih mengalami kenaikan, tapi belum tahu kenaikannya sampai berapa,” jelasnya.
Kenaikan harga bawang putih tersebut berbanding terbalik dengan harga bawang merah Bawang merah, kata dia harga malah anjlok.

“Sekarang itu bawang putih yang naik, tapi justru bawang merahnya yang turun, karena harga bawang merah sebelumnya itu mencapai Rp45.000 perkilo dan sekarang turun sampai Rp35.000,” bebernya.

Salah seorang ibu rumah tangga, Dian juga mengakui mengeluhkan kenaikan harga bawang putih tersebut. “Bawang putih sekarang yang naik. Mudah-mudahan pemerintah bisa menekan harganya, sehingga tidak naik lagi pas masuk bulan puasa,” kunci ibu muda itu.

*

Click to comment
To Top