Harga Gabah Rendah, DPRD Hearing Bulog – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Harga Gabah Rendah, DPRD Hearing Bulog

SINJAI, RB–Komisi II DPRD Kabupaten Sinjai, menggelar rapat kerja dengan Bulog, Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian Sinjai.

Ketiga instansi itu dihearing, menyusul rendahnya harga pembelian gabah milik petani yang dilakukan oleh pengumpul (pedagang).
Di Sinjai, harga gabah kering petani sebesar Rp 3 ribu per kilogram. Padahal presiden sudah mengeluarkan Kepres tentang harga gabah yakni sebesar Rp 3.700 perkilogram.
“Bayangkan, petani kehilangan uang Rp600 perkilogram. Jika dihitung perhektarnya, petani bisa kehilangan uang Rp 2.000 dikali dengan 4,5 ton per hektar, karena jumlah lahan pertanian di Kabupaten Sinjai kan luasnya mencapai 10.000. Maka hasilnya sekitar Rp 20 miliar kerugian petani satu kabupaten,” ungkap Ketua Komisi II, Abd Salam Dg Bali.
Pihak Bulog, Mukhti mengaku tidak bisa berbuat banyak karena jumlah personil tidak sebading dengan jumlah pedagang yang ada di Sinjai.
“Kami kekurangan personil dan mitra kami kurang. Selain itu, infrastruktur juga terbatas. Kami bisa beli gabah jika mitra kami ada dan infrastruktur memadai dengan standar harga yang ditetapkan pemerintah,” katanya.
Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai, Andi Mustaking menyesalkan instansi yang ditunjuk pemerintah yang tidak mau membali harga gabah sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.
“Umumnya petani di Sinjai menjual murah gabahnya ke pedagang dengan harga murah. Mereka terpaksa menjual gabahnya ke pihak pengusaha, karena ketidaktahuan mereka terhadap harga standar yang diberlakukan oleh pemerintah pusat,” terangnya.

lukmansardy/askarsyam
————————————

To Top