Hebat, Habiskan Rp4 M, PJU di Bone Malah Tak Berfungsi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Hebat, Habiskan Rp4 M, PJU di Bone Malah Tak Berfungsi

PJU yang menyala di siang hari pada 17 April lalu. Padahal Dinas Perindustrian sudah melakukan pergantian balon lampu PJU dengan menghabiskan anggaran Rp4 miliar.

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pergantian bola lampu penerangan jalan umum (PJU) yang dilaksanakan Dinas Perindustrian Kabupaten Bone tak berjalan efektif. Padahal proyek ini sudah menghabiskan anggaran Rp4 miliar.

Beberapa ruas jalan di dalam kota masih gelap gulita, seperti pada jalur poros Bajoe. Setidaknya dari 146 tiang PJU yang berdiri di sepanjang jalan menuju ke Pelabuhan Bajoe itu, hanya sekira 50% saja yang menyala.

Penelusuran yang dilakukan RADAR BONE, Sabtu, 17 Juni sekira pukul 22.00 Wita, PJU yang menyala hanya ditemukan mulai dari traffic light di persimpangan empat Jl MH Thamrin, Jl Kawerang dan Jl Sungai Musi hingga ke Tibojong, tepatnya di depan SPBU. Selebihnya hingga ke depan eks Pasar Bajoe gelap gulita. Atau hanya 62 bola lampu yang menyala. Bahkan, beberapa bola lampu LED berbasis Smart System tak menyala sempurna alias berkedap kedip saja.

“Semestinya jalur ini perlu mendapat perhatian, karena arus kendaraan dari dan ke pelabuhan Bajoe sangat ramai pada malam hari, utamanya mobil-mobil besar,” ungkap Tahang, salah seorang warga.
Anggota DPRD Kabupaten Bone, HA Suaedi turut menyoroti banyaknya lampu penerangan jalan yang tidak berfungsi. Apalagi di bulan ramadan, penerangan jalan lanjut dia, sangat dibutuhkan untuk kenyamanan warga dalam beribadah.

Pemerintah Kabupaten Bone tegas Suaedi, harus segera menyikapi hal tersebut. Suaedi juga sangat menyayangkan kinerja dinas terkait yang lamban menangani kerusakan lampu jalan. “Apalagi sekarang bulan Ramadan. Jelas aktivitas ibadah umat muslim di malam hari meningkat,” terang Suaedi.

Kondisi jalan yang gelap karena tidak didukung penerangan memadai, lanjut Politisi Demokrat itu, sangat berpotensi menimbulkan permasalahan. Baik kecelakaan lalu lintas maupun tindak kejahatan. “Mohon masalah ini bisa disikapi serius. Sudah banyak masyarakat yang mengeluh soal kondisi jalan yang gelap karena lampu jalan rusak,” paparnya.

Suaedi juga menyoroti anggaran pergantian bola lampu PJU cukup besar, yakni Rp4 miliar, namun kondisi kota di beberapa titik masih gelap karena PJU tak berfungsi. Sekretaris Dinas Perindustrian Kabupaten Bone, A Chandra Batara yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengakui adanya pergantian bola lampu PJU sebanyak 500 unit. Terkait adanya PJU yang tidak berfungsi, kata dia dikarenakan jaringan yang bermasalah.

”Sebelum balon lampu itu dipasang kami sudah mencoba satu persatu dan semua menyala, tapi setelah dipasang di tiang ternyata ada beberapa yang tidak dapat menyala.

Setelah diselidiki ternyata jaringannya bermasalah. Seperti halnya di Jl Jenderal Sudirman terkadang menyala dan terkadang tidak menyala,” jelas Chandra. Lanjut dia, untuk mengatasi itu pihaknya berkoodinasi dengan PLN.
“Kami koordinasikan ke pihak PLN, karena yang mengetahui teknisnya adalah pihak PLN. Tapi itu butuh biaya pemeliharaan, sedangkan anggarannya hanya diperuntukan untuk pergantian balon saja. Kami usulkan untuk pengadaan biaya pemeliharan, semoga di perubahan anggaran nantinya dapat direalisasikan, supaya balon yang tidak dapat menyala itu dapat diperbaiki jaringannya,” jelasnya.

Lebih jauh Chandra mengungkapkan karena pengaruh tegangan listrik rendah, sehingga menyebabkan balon lampu mati. Tapi sebaliknya, jika tegangan naik, maka lampu menyala. Kadis Perindustrian Kabupaten Bone, A Aswar mengatakan tidak berfungsinya beberapa PJU karena jaringan instalasi yang bermasalah. “Karena mungkin selama ini, kurang diperhatikan pemeliharaannya. Tapi bisa juga faktor lain,” paparnya.

Lanjut dia, pergantian bola lampu jalan bergaransi empat tahun ditambah masa toleransi satu tahun . “Artinya kalau ada lampu yang mati selama masa garansi langsung diganti,” jelas dia. Sebelumnya, Dinas Perindustrian menganggarkan Rp4 miliar untuk pengadaan 500 unit bola lampu LED berbasis Smart System.

*

To Top