HUT RI, Napi Pecahkan Rekor MURI – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

HUT RI, Napi Pecahkan Rekor MURI

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Lapas Kelas IIA Watampone, turut andil dalam pemecahan rekor MURI untuk kategori peserta terbanyak dalam menyanyikan lagu nasional ‘Hari Merdeka’ secara serentak dan pertandingan olahraga tradisional terompah panjang, Senin 15 Agustus kemarin.

Seluruh narapidana (Warga binaan) di Lapas tersebut yang berjumlah 349 orang, turut andil dalam pemecahan rekor MURI itu.
Pemecahan rekor MURI ini digelar serentak diseluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia yang merupakan program khusus Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke-71.

Pemecahan rekor MURI disaksikan langsung Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly melalui aplikasi zoom secara live yang terkoneksi dengan lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di seluruh Indonesia, yang dipusatkan di Lapas Narkotika Klas IIA Cipinang, Jakarta Timur.
Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Watampone, R.Sunarhadihartadi mengatakan,
peringatan ini bukan sekedar pembinaan yang berorientasi pada upaya membangkitkan kembali semangat nasionalisme, namun juga melestarikan budaya bangsa, melalui permainan olahraga tradisional.

“Warga binaan adalah Indonesia. Mereka juga berhak merasakan semaraknya peringatan HUT kemerdekaan bangsa kita. Saya berharap, kegiatan ini dapat menjadi salah satu bentuk upaya warga binaan dalam menjaga budaya bangsa,” ungkapnya.
Nilai-nilai pelestarian budaya juga terlihat dari busana adat tradisional yang dikenakan sejumlah warga binaan. Selain itu, sejumlah perlombaan juga digelar, seperti panjat pinang dan lari karung.
Warga binaan dan petugas lapas terlihat berbaur penuh keakraban selama kegiatan berlangsung.

*ASKAR SYAM

To Top