Ikut Salam Punggawa, Plt Sekprov Sulsel Disinyalir Tak Netral – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ikut Salam Punggawa, Plt Sekprov Sulsel Disinyalir Tak Netral

RADARBONE.CO.ID_Makassar — Netralitas aparatur sipil negara atau ASN merupakan keniscayaan pada pilkada serentak demi terciptanya pesta demokrasi yang bersih dan berkeadilan. Ironisnya, masih ada saja ASN yang terlibat politik praktis. Lebih disayangkan lagi jika abdi negara itu berstatus pejabat yang mestinya menjadi teladan bagi anak buahnya.

Dugaan keberpihakan ASN lingkup Sulsel mulai marak menjelang pilkada serentak 2018. Teranyar, Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Sulsel, Tautoto TR, disinyalir terlibat politik praktis. Itu menyusul beredarnya foto Tautoto melakukan Salam Punggawa, salam khas pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, IYL-Cakka.

Dalam foto yang marak beredar di media sosial itu, Tautoto bahkan melakukan Salam Punggawa bersama IYL. Belum diketahui pasti kapan dan dimana lokasi pengambilan gambar tersebut. Diduga foto tersebut diabadikan di Toraja mengingat latar belakang lokasi dan pakaian yang digunakan Tautoto dan IYL merupakan khas Toraja.

Sikap Tautoto berfoto bersama calon gubernur dan melakukan salam khas kandidat tentunya bertentangan dengan aturan. Bahkan, ia sendiri sebelumnya telah mengingatkan agar ASN senantiasa bersikap netral pada pesta demokrasi. Ironisnya, Tautoto sendiri diduga melanggarnya dengan melakukan Salam Punggawa.

Sikap Tautoto melakukan Salam Punggawa juga mengkhianati arahan dari pimpinan, mulai Presiden RI, Mendagri dan Penjabat Gubernur Sulsel. Netralitas ASN diketahui menjadi prioritas pemerintah demi hadirnya pilkada yang bersih dan berkeadilan.

“Salah satu program spirit utaama saya yang jelas sebagaimana arahan pimpinan, Pak Presiden melalui Mendagri adalah jaga netralitas ASN, jadi itu yang paling penting,” kata Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, belum lama ini.

Tautoto sendiri diketahui memang cukup dekat dengan keluarga Yasin Limpo. Di era kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo yang merupakan kakak IYL, Tautoto selalu mendapatkan jabatan strategis. Terakhir, ia menjabat selaku Kepala Bapenda Sulsel sebelum diamanahkan menjadi Plt Sekprov Sulsel. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top