Ini Delapan Tim yang Lolos Ke Babak 8 Besar Liga Champions – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Delapan Tim yang Lolos Ke Babak 8 Besar Liga Champions

JAKARTA, RB – Delapan tim melenggang ke perempat final Liga Champions musim 2016-2017. Real Madrid masih berpeluang juara dan mengukuhkan diri sebagai klub pertama yang mampu merengkuh trofi Liga Champions selama dua musim beruntun dalam format baru kompetisi yang dibelakukan sejak 1992.

Langkah Real Madrid untuk naik podium musim ini takkan mudah. Pasalnya, sejumlah klub raksasa Eropa lainnya masih meramaikan persaingan dalam perempat final, yakni Barcelona, Bayern Munchen dan Juventus.

Babak ini menjadi pembuktian nyali Leicester City yang menjadi kejutan musim ini. Di luar dugaan, The Foxes yang tengah terseok-seok dalam Premier League mampu memaksa Sevilla angkat koper.

AS Monaco dan Atletico Madrid menjadi dua tim terakhir yang memastikan diri lolos dari babak 16 Besar. AS Monaco menghentikan langkah klub papan atas Premier League, Manchester City, sedangkan Atletico Madrid menyingkirkan wakil Bundesliga, Bayer Leverkusen.

Berikut ini adalah empat fakta dan kesimpulan menarik setelah berakhirnya babak 16 besar Liga Champions 2016-2017 dikutip dari Bola.com.

Negeri Matador Kirim Wakil Terbanyak

La Liga mengirim tiga wakil ke perempat final Liga Champions musim 2016-2017 atau terbanyak dibanding liga-liga lainnya. Mereka adalah Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid.

Laju Real Madrid gagal dibendung Napoli dalam babak 16 Besar. Los Blancos mengalahkan Napoli dalam leg pertama di Santiago Bernabeu pada 15 Februari 2017 dan pertemuan kedua di Stadion San Paolo pada 7 Maret lalu, masing-masing dengan skor 3-1.

Barcelona tampil heroik dalam babak 16 Besar. Anak asuh Luis Enrique menang 6-1 atas Paris Saint-Germain di Camp Nou setelah takluk empat gol tanpa balas dalam leg pertama di Parc des Princes.

Atletico Madrid mencuri kemenangan 4-2 dalam leg pertama babak 16 Besar di markas Bayer Leverkusen, BayArena, pada 21 Februari 2017. Skor kacamata dalam leg kedua di Vicente Calderon, Rabu (15/3/2017), sudah cukup untuk meloloskan Los Rojiblancos ke babak selanjutnya.

Aksi Duo Bundesliga

Dua klub Bundesliga, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, melaju ke perempat final. Keduanya berpotensi saling bertemu dalam partai final, seperti pada musim 2012-2013.

Bayern Munchen tak menemui kendala dalam babak 16 Besar. Bahkan, anak asuh Carlo Ancelotti menyingkirkan Arsenal dengan agregat 10-2.

Borussia Dortmund sedikit tersandung lantaran lebih dulu kalah 0-1 di markas Benfica, Stadion da Luz, dalam leg pertama, pada 14 Februari 2017. Namun, Die Borussen lolos berkat kemenangan empat gol tanpa balas saat menjamu dalam pertemuan kedua dengan Benfica di Signal Iduna Park pada 8 Maret lalu.

Harapan Tunggal Serie A

Juventus menjadi satu-satunya harapan untuk mengharumkan nama Serie A dalam kancah Liga Champions musim 2016-2017. I Bianconeri menembus perempat final setelah menyingkirkan FC Porto.
Juventus memenangi duel pertama dengan skor 2-0 di markas FC Porto, Stadion Do Dragao, pada 22 Februari 2017. Kemenangan 1-0 lewat penalti Paulo Dybala dalam pertemuan kedua di Juventus Stadium, Selasa (14/3/2017), sudah cukup bagi tim besutan Massimiliano Allegri untuk menghentikan langkah FC Porto.

Bukan hanya Juventus yang menjadi wakil tunggal dari liganya. Nasib serupa juga dialami Leicester City dan AS Monaco.

Dalam keikutsertaan perdananya di ajang Liga Champions, Leicester City mampu mendepak Sevilla dengan agregat 3-2. Sementara itu, AS Monaco mengubur harapan Manchester City untuk lolos ke perempat final dengan agregat 6-6 dan keunggulan gol tandang.

Undian Perempat Final

Undian 16 besar Liga Champions 2016-2017. (UEFA).

Undian perempat final Liga Champions musim ini akan diselenggarakan di markas UEFA, Nyon, pada Jumat (17/3/2017). Dalam fase ini, tim dari negara bisa saling berhadapan.

Leg pertama perempat final akan dimulai pada 11 dan 12 April mendatang, sedangkan pertemuan kedua bakal berlangsung pada 18 dan 19 April.

Sumber: UEFA

To Top