Ini Hasil Rapat Penetapan Zakat Baznas, 4 Liter Beras Per Jiwa, Beras Biasa Rp28 Ribu, Beras Kepala Rp34 Ribu – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Hasil Rapat Penetapan Zakat Baznas, 4 Liter Beras Per Jiwa, Beras Biasa Rp28 Ribu, Beras Kepala Rp34 Ribu

RADARBONE.CO.ID-Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone mengadakan Rapat Penetapan kadar/nisab zakat fitrah tahun 1439 H/2018 M, Kamis 31 Mei 2018 bertempat di Sekretariat Baznas di Masjid Al Markas Jl Ahmad Yani Watampone.
Turut hadir Kepala Kankemenag Kab. Bone, Pengurus Baznas Kab. Bone, Ketua MUI Kab. Bone, dan Kabag Kesra Pemda Kab. Bone.

Hasilnya zakat fitrah tahun ini sebesar 4 liter beras per jiwa. Bagi yang menunaikan zakat fitrah dengan uang, maka nilainya  Rp 28.000 per jiwa bagi yang mengkonsumsi beras biasa.
Sementara bagi yang mengkonsumsi beras kepala Rp 34.000 per jiwa.

Ketua Baznas Kabupaten Bone H Zainal Abidin mengaku sebelum penetapan zakat fitrah telah dibentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing desa.

“Tugas UPZ ini selain menerima zakat fitrah dia juga menerima zakat harta,” katanya.

Untuk zakat fitrah kata Zainal  diserahkan ke masing-masing UPZ untuk membagi sesuai dengan peruntukaannya. Sedangkan zakat harta di setor ke Baznas kabupaten untuk selanjutnya didistribusikan.

Namun UPZ tetap memiliki hak mendistribusikan sebahagian zakat harta itu atas izin Baznas.

“Ini sesuai dengan aturan
UU No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat disempurkan PP Nomor 14 tahun 2014 tentang cara pelaksanaannya. Dan disempurnakan lagi PPA Nomor 52 tahun 2014 tentang syarat dan tata cara pembagiannya,” bebernya.

Lebih lanjut, mengenai zakat Fitrah dijelaskan Zainal dapat dimulai pada 1 Ramadan sampai sebelum Shalat Id.
“Peruntukkanya yakni delapan golongan, salah satunya anak yatim, fakir miskin dan lain-lain sebagainya,” kuncinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top