Ini Janji PU, Benahi Jalan Berlubang – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Janji PU, Benahi Jalan Berlubang

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID – WATAMPONE–Dinas PU Kabupaten Bone menerjunkan tim untuk membenahi ruas jalan yang berlubang. Sebanyak Rp2 miliar dana dialokasikan untuk untuk merehabilitasi titik jalan yang rusak,
termasuk di luar kota.

Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas PU Kabupaten Bone, Ir Khalil AM Syhab MT saat dikonfirmasi RADAR BONE, Senin, 3 April kemarin. Menurut Khalil sebelum dilakukan perbaikan, didahului dengan menurunkan tim survei di lapangan.

Dia menegaskan seluruh ruas jalan yang rusak akan dibenahi tahun ini. Khalil mengatakan saat ini pihaknya fokus melakukan rehab jalan di dalam kota. “Saat ini perbaikan jalan sudah dimulai. Yang sudah selesai dikerja di Jl Mesjid Raya, Sekarang berlanjut di Jl Veteran, sebagian Jl Jenderal Sudirman dan Jl Sukawati.
Insya Allah semua lubang jalan yang ada dalam kota kami rencana perbaiki semua tahun ini. Kalau ada lebihnya kami akan lanjutkan di kecamatan,” kata Khalil.

Untuk membiayai rehab jalan tahun ini, kata Khalil pihaknya telah menganggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 sebesar Rp2 miliar. “Dana Rp2 miliar mencakup seluruh kegiatan perbaikan jalan,” bebernya.

Lebih jauh Khalil mengungkapkan panjang ruas jalan keseluruhan di Kabupaten Bone, yakni 2.481,654 kilometer.
Kemudian ruas jalan yang masih dalam posisi pengerasan sepanjang 1.386,99 kilometer, sedangkan yang masih posisi tanah sepanjang 296,17 kilometer.

“Rencana pembangunan jalan sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) selama lima tahun masa pemerintahan Bupati Bone, HA Fahsar Mahdin Padjalangi dengan menggunakan anggaran DAU, DAK dan DID termasuk drainase, pengaspalan serta pengerasan jalan sudah mencapai target 116,05 persen sejak 2016,” jelas Khalil.

Ditambahkan Khalil target pembangunan jalan sesuai RPJMD sepanjang
1.985,32 kilometer dimulai 2013 hingga 2018. Dari target tersebut sudah terealisasi 1.529,63 kilometer.
Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Jibang menambahkan khusus pengaspalan pada 2013 mencapai 75,592 kilometer.

Kemudian pada 2014 sepanjang 31,225 kilometer. Selanjutnya meningkat menjadi 112,027 kilometer pada 2015 dan pada 2016 sepanjang 73,924 kilometer. “Sementara rencana pengaspalan 2017 untuk anggaran pokok sepanjang 47,228 kilometer dengan jumlah anggaran kurang lebih Rp80 miliar,” jelas Jibang.

Diberitakan sebelumnya, ruas jalan dalam kota Watampone belum sepenuhnya mulus. Sedikitnya 562 titik jalan berlubang ditemukan. Jalan berlubang sebanyak itu tersebar di 43 ruas jalan di wilayah kota.

Penelusuran yang dilakukan RADAR BONE, Kamis, 30 Maret lalu menemukan sedikitnya 562 titik jalan berlubang di wilayah kota. Dari jumlah itu, setidaknya ada tiga jalur utama yang mengalami kerusakan terparah. Sebut saja misalnya, Jl Dr Wahidin Sudirohusodo. Ada 45 titik lubang ditemukan di sepanjang jalur hijau ini.

Yang parah lagi ditemukan di Jl Jenderal Sudirman. Jalan berlubang ditemukan mulai dari persimpangan tiga Jl Merdeka hingga pertigaan sebelum Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang terdapat 94 titik. Ini sekaligus menempatkan ruas Jl Jenderal Sudirman sebagai jalur kaya lubang.

Disusul Jl Sungai Musi yang memiliki 52 titik lubang, mulai dari traffic light Jl MH Thamrin hingga ke Pasar Panyula. Kerusakan terparah juga terjadi di Jl Sungai Limboto. Ruas jalan yang menghubungkan Jl Yos Sudarso (Poros Bajoe) dengan Jl Sungai Musi (Poros Palette) ini ditemukan sedikitnya 47 titik lubang.

Click to comment
To Top