Ini Kata KPU Soal Bone Zona Merah – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Kata KPU Soal Bone Zona Merah

Rita Febrianti

PENULIS : RISNAWATI

WATAMPONE, RB–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, mengakui Bone masuk wilayah pemetaan daerah rawan konflik.
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hukum KPU Bone, M Aryananda menyebutkan, Bone selalu dikategorikan daerah rawan konflik.

“Alhamdulillah, fakta di lapangan hal itu tidak pernah terbukti. Bahkan kita masuk kategori terbaik setiap penyelenggaraan pilkada,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Kamis 16 Maret kemarin.

Selama pelaksanaan KPU, belum pernah terjadi konflik yang berlebihan dari pihak calon atau pendukung.
Senada disampaikan Rita Febrianti, Kasubag Teknis KPU Bone. “Kalau Bone titik rawan pemilu itu benar, akan tetapi dari dulu sampai sekarang itu Bone selalu aman saja. Memang ada konflik tapi tidak sampai yang besar,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel saat ini telah intens melakukan pemetaan untuk melihat potensi kerawanan konflik yang bisa terjadi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang.Khusus untuk Pilgub 2018 mendatang, ada beberapa daerah yang harus di waspadai seperti Makassar, Gowa kemudian Bone dan daerah Luwu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Linmas, Dray Vibrianto mengakui, Bone masuk salah satu daerah rawan konflik atau zona merah.

“Klasifikasi zona merah untuk Bone sudah sejak lama. Sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu. Tapi faktanya kan, tidak pernah terbukti. Setiap penyelenggaraan pilkada, kita (Bone) aman-aman saja,” tegas Dray kepada RADAR BONE, Rabu 15 Maret kemarin.

Dray menegaskan, koordinasi antar lini menjadi faktor penentu terselenggaranya pilkada yang aman, jujur dan adil.
“Peran semua pihak saya kira menjadi penentu. Sinergitas yang terbangun selama ini antara pemerintah daerah, kepolisian, TNI, masyarakat dan media menjadi faktor kunci terselenggaranya pesta demokrasi yang berkualitas di Bone,” pungkasnya.

*

To Top