Ini Keluhan Penyandang Disabilitas – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Keluhan Penyandang Disabilitas

Rapat Kerja Komisi IV Dengan Dinas Sosial

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Komisi IV DPRD Kabupaten Bone menggelar rapat kerja dengan mengundang Dinas Sosial dan perwakilan penyandang disabilitas di Bumi Arung Palakka, Selasa 14 Februari 2017.

Pada rapat kerja tersebut, Andi Takdir salah seorang perwakilan penyandang disabilitas menyampaikan keluh kesahnya terkait hak penyandang disabilitas yang selama ini terabaikan.

Banyak contoh yang dipaparkan Andi Takdir, terkait diskriminasi bagi penyandang disabilitas.

“Ada penyandang disabilitas yang diusir dari prajabatan, ada yang menjadi korban pelecehan seksual. Kami merasa dikucilkan pak,” ujar Andi Takdir dengan nada serak.

“Kami minta payung hukum agar ada perlindungan hukum bagi penyandang disabilitas,” tambahnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bone, A Saipul turut menilai perlunya perda disabilitas yang menjadi payung hukum bagi disabilitas.

“Insya Allah komitmen kami di Komisi IV untuk memperjuangkan lahirnya perda ini,” tegas politisi PPP itu.

Sekretaris Komisi IV DPRD Bone, Rismono Sarlim, turut mendorong agar rancangan perda ini segera dibahas. Rismono turut memandang banyaknya haki-hak kaum disabilitas yang terabaikan.

“Kalau naskah akademiknya sudah siap termasuk kelengkapan lainnya, Insya Allah segera kami dorong ke pansus untuk dibahas,” tegas Rismono.

Anggota Komisi IV DPRD Bone, Syamsul Bahri menyarankan sebelum ranperda ini dibahas, perlunya konsultasi publik. Dengan catatan, konsultasi publik tidak hanya dipusatkan di satu titik.

“Jangan hanya difokuskan di kota, tapi kecamatan lain perlu diprioritaskan juga. Jadi saya kira perlu konsultasi publik ketika naskah akademiknya selesai disusun. Minimal per dapil,” sarannya.

Rapat kerja turut dihadiri Kepala Dinas Sosial, Drs A Ruslan MSI dan kasubag hukum, A Erni.

To Top