Ini Keseriusan KPU Bone Tingkatkan Partisipasi Pemilih Masyarakat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Keseriusan KPU Bone Tingkatkan Partisipasi Pemilih Masyarakat

RADARBONE.CO.ID–Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Bone, menggelar sosialisasi pendidikan pemilih persiapan pemilu serentak 2019, Jumat 28 Desember 2018.

Sosialisasi pendidikan pemilih khusus menghadirkan berbagai elemen masyarakat,  pemuda, mahasiswa,  LSM dan media,  yang  dibuka langsung Ketua KPU Bone, Isharul Haq.  Isharul menegaskan,  pentingnya peran aktif seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan pemilu serentak.

“Bone termasuk mendapatkan apresiasi tinggi dari KPU pusat kemarin.  Walaupun cuaca ekstream, tetapi tetap partisipasi pemilih mencapai 73,8 persen pada pilkada.  Ini yang Insya Allah akan kita tingkatkan.  Targer partisipasi pemilih kita harap bisa mencapai 78 persen,” ujar Isharul.

Olehnya itu kata Isharul,  peran aktif elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk membantu penyelenggara pemilu memberikan pendidikan politik ke masyarakat.

“Bagaimana kita bisa menjadi corong informasi terkait pelaksanaan pemilu,” pungkasnya.

Isharul juga menegaskan, akan memberi perhatian khusus bagi kaum disabilitas. Perhatian ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang peningkatan partisipasi pemilih penyandang disabilitas.

“Kita berharap,  disabilitas, dapat berpartisipasi secara paripurna di pemilu,” ujarnya.

Komisioner KPU Bone,  Harmita pada kesempatan itu memaparkan berbagai informasi terkait pemilu. Termasuk model surat suara untuk masing-masing peserta pemilu. “Perlu saya jelaskan surat suara yang memuat foto, hanya untuk calon presiden dan calon anggota DPD,” ujarnya.

Harmita juga meluruskan tentang anggapan masyarakat terkait pemilih disabilitas mental.

“Ini yang perlu saya luruskan juga. banyak masyarakat yang beranggapan kpu mengakomodir idak ada orang gila mencoblos. Itu tidak benar.  Yang diakomodir hak pilihnya adalah pemilih disabilitas mental. Disabilitas mental itu banyak macamnya, salah satunya keterbelakangan mental,” kuncinya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top