Ini Nilai Pagu Definitif APBD 2017 – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Nilai Pagu Definitif APBD 2017

Banggar DPRD Kabupaten Bone melakukan konsultasi mengenai DAK bidang pendidikan dan kesehatan di Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Keuangan RI, November tahun lalu.

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bone bersama tim anggaran Pemkab Bone, mulai menggodok Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Pokok Tahun Anggaran 2017.
Itu setelah banggar mengkonsultasikan besaran pagu anggaran di Kementerian Keuangan di Jakarta. Anggota Badan Anggaran DPRD Bone, H Kaharuddin memaparkan beberapa hasil kunjungan banggar di Kementerian Keuangan. Termasuk besaran pagu definitif.
Politisi Partai Demokrat itu menyebutkan, untuk anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), berkurang Rp100 miliar lebih. DAK tahun sebelumnya kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Bone itu, mencapai Rp257 miliar lebih. Saat ini (APBD 2017), besaran DAK hanya mencapai Rp150 miliar lebih.

Sementara Dana Alokasi Umum (DAU) lanjut dia, relatif stagnan. “Besaran DAU untuk APBD 2017 mencapai Rp1 triliun 088 miliar. Relatif sama dengan DAU tahun sebelumnya,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Senin 21 November kemarin.
Mantan Wakil Ketua DPRD Bone itu, juga menjelaskan alasan keterlambatan pembahasan APBD 2017.

“Pagu definitifnya terlambat turun, sehingga itu yang mendasari banggar berangkat ke Jakarta untuk mempertanyakan hal itu. Alhamdulillah, kita sudah dapatkan angka soal besaran pagunya. Insya Allah satu dua atau dua hari ke depan, MoU KUA PPAS APBD ditandatangani dan selanjutnya kita bahas rancangan anggarannya. Kami optimis sebelum tanggal 30 November, APBD rampung dibahas,” jelasnya.

Anggota Banggar lainnya, Abulkhaeri juga optimistis pembahasan APBD 2017 tidak menyeberang ke Desember. Mengingat permendagri yang ada, APBD 2017 harus rampung dibahas sebelum 30 November.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Bone, Ishan Samin menambahkan, selain mengkonsultasikan terkait dana perimbangan yang dialokasikan ke Bone, kunjungan banggar ke Jakarta, juga terkait dengan sistem penganggaran perangkat daerah yang baru terbentuk.“Intinya konsultasi menghadapi pembahasan APBD 2017,” tutupnya.

*ASKAR SYAM

To Top