Ini Penegasan Wakil Bupati Bone Soal Warga Yang Belum Kantongi KTP Elektronik – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Penegasan Wakil Bupati Bone Soal Warga Yang Belum Kantongi KTP Elektronik

H Ambo Dalle, Wakil Bupati Bone

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Peme-rintah Kabupaten Bone menekankan warga untuk mela-kukan perekaman KTP Elek-tronik sebelum batas akhir, Desember 2016 mendatang.
Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle MM yang ditemui usai menghadiri paripurna pandangan umum fraksi atas ranperda penyertaan modal menegaskan, tidak boleh lagi ada warga yang tidak melakukan perekaman sebelum batas akhir tersebut.

“Apalagi kita sudah kirimkan semua datanya ke masing-masing kepala desa soal warga yang belum terdata atas kepemilikan KTP elektronik,” ungkapnya, Kamis 22 September kemarin.
Di samping KTP elektronik, Ambo Dalle juga menyebutkan target pemerintah daerah soal kepemilikan akta kelahiran.
“Kita sudah tetapkan target bahwa 77,5 persen warga Bone sudah harus mengantongi akta kelahiran,” pungkasnya.
Mantan Ketua DPRD Bone itu juga mengimbau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk tertib administrasi.
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone, memperpanjang waktu perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dari sebelum-nya 31 September ke pertenganan 2017 mendatang.

Sebelumnya ditetapkan batas akhir perekaman KTP elektronik sampai 31 September.
Warga yang tidak melakukan perekaman hingga batas waktu tersebut, maka tidak akan mendapatkan 10 akses pelayanan publik, seperti me-ngurus di bank, pengambilan SIM dan pengurusan lainnya karena semua layanan tersebut sudah terintegrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone, Drs HA Amda MH meng-ungkapkan untuk membantu masyarakat yang belum memiliki E-KTP dan tidak sempat hadir di kantor kecamatan atau di Disdukcapil, maka diberikan kesempatan sampai dengan pertengahan 2017.

“Makanya kami berharap kepada seluruh penduduk Indonesia khususnya di Kabupaten Bone ini yang belum melakukan perekaman, diharap segera ke kantor kecamatan terdekat atau ke Disdukcapil. Selama masih ada waktu yang diberikan, karena KTP-el tersebut sangat penting,” ungkapnya.

Salah seorang warga, Jumaslan mengapresiasi kebijakan Disdukcapil yang memperpanjang waktu perekaman.
“Artinya masih ada waktu bagi kami untuk melakukan perekaman,” ujarnya.
Amda mengaku lega dengan perpanjangan perekeman hingga pertengahan 2017.

 

*ASKAR SYAM

To Top