Ini Penjelasan Kementan Soal Polemik Lahan TTP Wollangi Di Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Penjelasan Kementan Soal Polemik Lahan TTP Wollangi Di Bone

Lokasi taman teknologi pertanian di Desa Wollangi, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulsel. Tidak terlihat adanya aktivitas di lokasi tersebut. Gambar direkam, Rabu 26 April 2017

RADARBONE.CO.ID–WATAMPONE–Kementerian Pertanian (Kementan) angkat bicara menanggapi pemberitaan di media online radarbone.co.id terkait polemik lahan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Wollangi, di Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulsel.

Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian, Dr Ir Muhammad Syakir melalui rilis yang dikirim ke RADAR BONE, menegaskan dasar dari pelaksanaan TTP Bone, adalah nota kesepahaman antara Balitbangtan Kementan RI dengan Pemerintah Kabupaten Bone, tentang pembangunan dan pengembangan TTP Wollangi Kabupaten Bone yang ditandatangani pada 2015 lalu.

“Selanjutnya dibangun infrastruktur pendukung pada lokasi TTP yang telah direkomendasikan Bupati Kabupaten Bone yang berlokasi di Kecamatan Barebbo Desa Wollangi. Infrastruktur yang telah dibangun berupa workshop, kandang sapi, kolam, gapura, screen house dan kandang itik,” ujarnya.

Sarana pendukung tersebut lanjut dia, dimanfaatkan secara maksimal mulai tahun 2016 beserta kegiatan-kegiatan display inovasi teknologi.

Syakir mengakui, kegiatan display inovasi teknologi di awal tahun 2017 (Januari, Februari bahkan sampai Maret) agak terlambat dilaksanakan, karena secara umum Kabupaten Bone masih dalam kondisi musim kering termasuk di lokasi TTP.
“Rencana pelaksanaan kegiatan, utamanya kegiatan display inovasi teknologi, akan dilaksanakan pada pekan ke IV, April sampai Minggu pertama Mei 2017,” paparnya.

Muhammad Syakir juga mengklaim, TTP ini juga sudah diperiksa BPK dan memang ada TGR sebesar Rp63 juta dan ini sdh disetor ke kas negara.

“Sedangkan pengadaan tanah, penetapan lokasi merupakan kebijakan bupati dan didasari dengan SK,” jelasnya.

Fakta di lapangan, ditemukan tidak adanya aktivitas di lokasi saat RADAR BONE bertandang di lokasi TTP Wollangi, Rabu 25 April kemarin. Hanya terlihat tumpukan bibit bawang di saung.

Disamping itu, mesin pengolah minyak kelapa dan mesin pengolah biji kakao, terlihat tidak difungsikan, hanya tertutup terpal di lokasi. Disamping itu kandang itik tidak pernah difungsikan. Itu terlihat jelas, tidak adanya bekas peternakan itik di lokasi tersebut. Ditambah, kandang sapi, dari 10 sekat yang dibangun hanya dua yang terisi.

Hanya saung yang sering dimanfaatkan kelompok tani untuk pertemuan.

Mengenai lahan, Kades Padangloang, Muh Amin mengaku bingung dan mempertanyakan status lahan. “Terakhir tahun lalu masih H.Darwis yang bayar pajak. Tahun ini entah siapa,” ujar Amin bingung.

Terpisah, Bupati Bone, Dr HA Fahsar M Padjalangi MSi yang ditemui RADAR BONE, di kantor bupati, Rabu 26 April 2017, membenarkan adanya SK. Namun surat keputusan yang dimaksud, hanya untuk penunjukan wilayah, bukan titik lokasi. Untuk menunjukkan wilayah tapi bukan titik lokasi. Bupati mengaku, pembebasan atau pengadaan lahan tidak ditangani pemkab.

“Itu bukan kewenangan kami (kabupaten). Proyek TTP, didanai APBN dan ditangani provinsi,” pungkas bupati.

Click to comment
To Top