Ini PR KPU Bone di Pilkada 2018 – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini PR KPU Bone di Pilkada 2018

KPU Bone saat menggelar media ghatering Desember tahun lalu. KPU diminta meningkatkan sosialisasi pemilu demi menekan angka golput yang cenderung meningkat

Trend Golput Meningkat, Perlu Sosialisasi Masif

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Golput atau tidak menyalurkan hak pilihnya di pemilihan umum, baik itu pemilihan legislatif, pemilihan presiden maupun pemilihan kepala daerah masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan penyelenggara pemilu.

Data disetiap pelaksanaan pemilu, trend golput disetiap hajatan pemilu, cenderung meningkat.
Apalagi menjelang pemilihan kepala daerah (Pilgub Sulsel dan Pilkada Bone), masih banyak kekhawatiran, kualitas pilkada serentak kali ini masih rendah.

Pengamat politik, Ali Anas menilai kualitas pilkada, menjadi pembuktian apakah partisipasi masyarakat dalammemilih tinggi atau rendah. Apalagi di pilkada sebelumnya lanjut dia, angka partisipasi masyarakat masih terbilang cukup rendah, karena pemilih yang golput terbilang cukup tinggi.

“Tingginya angka pemilih yang golput secara langsung menggerus kualitas pelaksanaan demokrasi di daerah. Untuk itu, diharapkan KPU bisa terus mensosialisasikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di pilkada mendatang,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Minggu 5 Februari kemarin.

Partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya kata dia, menjadi pekerjaan rumah KPU.
“Sekali lagi kami tekankan kepada KPU untuk terus mensosialisasikan pentingnya partisipasi masyarakat di pilkada nanti. Ini untuk menekan angka golput di masyarakat,” sebutnya.

Anggota KPU Bone, Veronika Erasasti membenarkan trend partisipasi pemilih yang cenderung menurun. Hal itu dipaparkan saat menggelar media gathering beberapa waktu lalu.
“Kita semua pastinya ingin pelaksanaan pilkada yang baik, tertib, aman dan sukses. Selain itu tingkat pastisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya kita harapkan terus meningkat. Olehnya itu kedepan, KPU akan berusaha semaksimal mungkin, menekan angka Golput. Caranya itu tadi, meningkatkan sosialisasi pemilu,” kuncinya.

 

To Top