Ini Sosok Dibalik Penghargaan Swasti Saba Wistara Sidrap – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Sosok Dibalik Penghargaan Swasti Saba Wistara Sidrap

Fatmawati Rusdi

RADARBONE.CO.ID_SIDRAP, — Prestasi Sidrap yang berhasil meraih Swasti Saba Wistara yang kedua kalinya, penghargaan tertinggi untuk kategori Kabupaten Sehat, tak lepas dari kerja tim relawan kesehatan dari berbagai elemen, komunitas dan organisasi kesehatan yang dikomandoi Hj Fatmawati Rusdi.

Fatmawati ternyata adalah sosok yang memiliki peran sentral di balik penghargaan ini. Sebagai ketua Forum Kabupaten Sehat, Ketua Tim Penggerak PKK Sidrap ini memimpin tim relawan kesehatan ini berbenah jelang penilaian.
Saat menerima Tim Penilai Kabupaten Sehat, Hj Fatmawati Rusdi sudah optimis, penghargaan tertinggi untuk kabupaten sehat, Wistara bisa diraih kembali tahun ini.

Salah satu alasannya, karena forum Kabupaten Sidrap menambah tatanan dari 6 tatanan jadi 7 tatanan.

Diantaranya, Kawasan pemukiman sarana dan prasaranan sehat, ketahanan pangan gizi, sehat dan mandiri, sosial sehat, industri perkantoran, hutan sehat, pariwisata sehat.

“Semua indikator ini akan dimaksimalkan. Sebab, selain untuk penilaian kabupaten sehat, juga menjadi indikator kesehatan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Selain 7 tatanan, upaya lain yang dilakukan, kata Fatmawati, adalah pembentukan forum kelembagaan. Setidaknya sudah ada 106 pokja untuk desa sehat. Artinya, tidak ada lagi desa/kelurahan yang tidak memiliki forum komunikasi desa sehat.

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top