Ini Sosok Irwandi Burhan, Ketua DPRD Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Sosok Irwandi Burhan, Ketua DPRD Bone

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE, RB–DPP Golkar telah menunjuk kader terbaiknya mengisi kursi Ketua DPRD Bone. Adalah Irwandi Burhan, yang diberi mandat memimpin lembaga legislatif. SK (Surat Keputusan) pimpinan DPRD telah diserahkan Ketua DPP Golkar, Airlangga Hartanto ke Nurdin Halid selaku Ketua DPD Golkar Sulsel bersamaan dengan SK pimpinan DPRD di 10 daerah di Sulsel, Sabtu 13 September kemarin.

Lantas, siapa sosok Irwandi?. Politisi kelahiran Lamuru 16 Oktober 1981 itu, merupakan putra dari Almarhum Burhan Jafar. Ayahnya (Burhan Jafar), adalah mantan Anggota DPRD tiga periode dari fraksi Golkar periode 1999-2004, 2004-2009 dan 2009-2014. Darah politisi dari ayahnya sudah terlihat sejak Irwandi duduk di bangku kuliah. Ia aktif di Badan Legislatif Mahasiswa saat mengenyam pendidikan di STIM LPI 2013. Termasuk aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), IPMIBAR dan IPMAL. Irwandi juga aktif di kepengurusan KNPI.

Sosok merakyat dan rendah hati, membuatnya dicintai oleh masyarakat di dapilnya.  Tak heran, Irwandi berhasil meraih meraih 6.861 suara di Daerah Pemilihan (Dapil) 4 Bone, meliputi Kecamatan Ulaweng, Amali, Bengo, Lappariaja, Lamuru, Tellu Limpoe. Lamuru merupakan lumbung suara Irwandi. Perolehan suaranya di kecamatan ini, mencapai 6042 suara.

Irwandi merupakan anggota DPRD Bone petahana periode 2014-2019.Dengan raihan 6.861 suara, Wakil Sekretaris DPD II Golkar Bone itu memecahkan rekor suara terbanyak dimiliki Andi Atoro dengan 6.0038 suara pada Pileg 2014 lalu.

Hasrul Topan mengaku, jika Ketua Persibone itu merupakan sosok wakil rakyat yang rendah hati. “Anak muda yang energik, dermawan, pintar dan religius. Irwandi ini mewakili semua segmen, baik yang muda, yang tua. Orangnya cerdas,” ujarnya.

Irwandi lanjut Hasrul merupakan sosok wakil rakyat yang mudah bergaul dengan siapapun. “Dari dulu memang merakyat dan suka memberi kepada siapa saja yang beliau temui, entah di pasar atau di tempat umum lainnya. Itulah buah kebaikan dan kedermawanan beliau alhamdulillah jadi Ketua DPRD Bone,” tukasnya.

Irwandi Burhan kepada RADAR BONE,  mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan kepadanya. “Terima kasih semua atas doanya. Terima kasih kepada keluarga saya, dan terima kasih kepada Partai Golkar atas amanah ini. Insya Allah kedepan, kami siap bekerja untuk rakyat sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yang ada,” ujarnya.

“Karir saya jadi anggota DPRD Bone tak lepas dari didikan orang tua, dan perjuangan saya di DPRD Bone meneruskan perjuangan ayah saya tiga periode di DPRD Bone,” tambah Irwandi
Ia juga berkomitmen akan menata lembaga DPRD, lebih maksimal dalam bekerja untuk kepentingan rakyat. Termasuk komitmennya untuk memperjuangkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.
“Kami siap bekerja maksimal di legislatif, menjalankan amanat partai dan masyarakat yang sudah memercayakan kita di DPRD,” pungkasnya.

Sebelumnya. Teka teki terkait siapa Ketua DPRD Bone telah terjawab. SK Ketua DPRD Bone, jatuh di tangan Irwandi Burhan. Sebelumnya, ada dua nama yang menguat dan menjadi pertimbangan utama DPP. Selain Irwandi Burhan, Ketua Sementara, A Akbar Yahya juga difavoritkan mengisi kursi ketua DPRD Bone.
Sekretaris DPD Golkar Sulsel, Abdillah Natsir mengaku, SK penetapan Ketua DPRD Bone segera dikirim ke DPD II Golkar Bone untuk selanjutnya diteruskan ke DPRD untuk proses penetapan pimpinan definitif.

“Sementara masih di DPP, nanti SK akan dikirim ke DPD I Golkar Sulsel untuk selanjutnya diteruskan ke DPD II Golkar Bone,” ujar Abdillah.
Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, A Abd Waris Halid juga tak menampik penunjukan Irwandi Burhan selaku Ketua DPRD Bone. “Saya belum lihat SK-nya, tapi memang info yang saya terima, yang diberi amanah mengisi kursi Ketua DPRD Bone, adalah Irwandi Burhan,” ujar adik Ketua DPD Golkar Sulsel, HAM Nurdin Halid, kepada RADAR BONE, Minggu 15 September kemarin.

Sekretaris DPD II Golkar Bone, H Firman Batari juga membenarkan informasi SK DPP terkait penunjukan Irwandi Burhan selaku Ketua DPRD Bone. “SK-nya belum saya lihat, tapi informasi yang saya dapat, Irwandi Burhan,” ujar Firman.

Ia mengaku, setelah SK tersebut diterima DPD II Golkar Bone, selanjutnya akan dibuatkan surat penugasan ke DPRD Bone untuk selanjutnya diproses penetapannya.
“Itu yang menjadi dasar nanti DPRD Bone melakukan penetapan atau pelantikan Ketua DPRD Bone,” tukas Firman.
Firman menyebutkan, SK penetapan Ketua DPRD Bone, telah diteken Ketua DPP Golkar, Airlangga Hartanto, Sabtu 13 September kemarin dan telah diserahkan ke DPD I Golkar Sulsel. “Kita masih menunggu ini SK-nya. Insya Allah secepatnya dikirim. Nanti dikabari itu kalau sudah kita terima SK-nya,” tukas Firman.

Kepala Sekretariat DPD II Golkar Bone, A Arsyad membeberkan, paling lambat SK Ketua DPRD Bone telah diterima DPD II Senin 16 September hari ini.
“Insya Allah, besok (Senin hari ini), sudah kita terima SK dari DPD I Golkar Sulsel,” tambahnya.

Sementara itu, Irwandi Burhan yang dikonfirmasi RADAR BONE berjanji mandat yang diterima dari DPP akan dia emban dengan penuh tanggungjawab.
“SK sudah ada di DPD I. Nanti diserahkan ke DPD II, ” ungkap Irwandi.
“Terima kasih atas doanya semua. Insya Allah amanah ini akan saya emban dengan baik,” pungkas Irwandi.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top