Ini Total Usulan Anggaran Pilkada Sinjai – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Total Usulan Anggaran Pilkada Sinjai

KPU Sinjai saat bertandang ke Kantor Disdukcapil membahas progress E-KTP

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 sudah di depan mata. Penyelenggara pemilu ditingkat kabupaten dan kota, mulai berbenah jelang bergulirnya tahapan pemilu pada Agustus mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sinjai misalnya, mulai mengkoordinasikan pelaksanaan penandatanganan Nota Pemahaman Hibah Daerah (NPHD) anggaran pilkada 2018 mendatang.

Komisioner KPU divisi partisipasi masyarakat dan SDM, Nurhikmah SS mengatakan, untuk tahun 2017 dan 2018 total anggaran yang diajukan KPU sebesar Rp22,8 miliar. Sementara pada pilkada sebelumnya anggaran yang digunakan hanya sebesar Rp13 miliar lebih.

Untuk alokasi dana sharing dari Pemprov Sulsel lanjut dia, besarannya mencapai Rp 4,7 miliar.
“Dana sharing itu, diluar anggaran yang kami ajukan ke pemerintah daerah,” ungkap Nurhikmah.
Meningkatkan anggaran pilkada kata dia, disebabkan berbagai faktor. Salah satunya, meningkatnya honorarium penyelenggara pemilu ditingkat PPK dan PPS serta KPPS serta pengadaan alat peraga pasangan calon yang kini ditanggung KPU.

BACA JUGA  500 Siswa SD Belajar Di Tengah Jalan

Selain anggaran pilkada, E-KTP juga menjadi fokus perhatian KPU. Rabu 8 Maret kemarin, Anggota KPU meninjau capai program E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sinjai.
Anggota KPUD Sinjai, Muh Kasim mengatakan, tujuan konsultasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana progres penuntasan E-KTP.

“Ini erat kaitannya dengan proses pemutakhiran data penduduk yang akan dilakukan KPU Sinjai. Karena setiap pemilih nantinya wajib memiliki KTP elektronik,” katanya.

Sementara itu, Kadisdukcapil Sinjai, Akmal menegaskan, pihaknya siap memberikan data akurat yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam mengeluarkan daftar pemilih di Kabupaten Sinjai.
Menurutnya, saat ini penduduk yang telah memiliki KTP elektronik sekitar 90,65 persen dari total wajib KTP dan pihaknya berjanji akan menuntaskan di akhir tahun 2017.

 

Click to comment
To Top