ini Upaya Dinkes Bone Atasi Kekurangan Dokter – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

ini Upaya Dinkes Bone Atasi Kekurangan Dokter

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Menyikapi minimnya tenaga dokter di daerah ini. Dinas Kesehatan Kabupaten Bone mengusulkan penambahan dokter ke pemerintah pusat.
Salah satu program pusat yang cukup membantu kekurangan tenaga dokter ini adalah Nusantara Sehat.  Sekretaris Dinas Kesehatan, A Rasyid AM kepada mengatakan hasil usulan yang disampaikan, tahun 2018 ini ada tambahan dua dokter program nusantara sehat individu. Para tenaga dokter ini telah bertugas di Puskesmas terpencil seperti Puskesmas Lonrong dan Bakungnge Kecamatan Ponre, serta Puskesmas Taretta Kecamatan Amali.

Dua dokter program Nusantara Sehat ini, kata Rasyid semuanya dokter gigi. Keduanya kini ditugaskan di Puskesmas Bakungnge dan Taretta.
“Yang jelasnya ada lima tenaga kesehatan yang baru saja diterima, dua orang diantara adalah dokter. Semua petugas kesehatan itu digaji oleh pemerintah pusat dan dikontrak dua tahun,” tutur Rasyid.

Ditambahkan Rasyid, bukan kali ini Kabupaten Bone mendapat bantuan tenaga kesehatan, termasuk dokter.  Pada 2016 lalu, terdapat 16 tenaga kesehatan ditugaskan di daerah ini. Hanya saja,, kata Rasyid mereka habis kontrak sehingga tak bertugas lagi di Bone. Tenaga kesehatan melalui program Nusantara Sehat ini hanya dikontrak dua tahun oleh pemerintah pusat.
Berdasarkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bone Tahun 2016, terungkap jumlah dokter di Bone masih jauh dari standar Indonesia Sehat, dimana rasio dokter umum 40/100.000 penduduk. Kemudian rasio dokter gigi 11/100.000 penduduk. Bahkan dari target RPJMD belum bisa tercapai. Target RPJMD Kabupaten Bone tahun 2016 adalah 0,82/1.000 penduduk. Namun kenyataannya yang terealisasi cuma 0,06/1.000 penduduk.

Nah, setelah dua tahun berlalu, bagaimana ketersediaan tenaga dokter di Bumi Arung Palakka.  Secara keseluruhan jumlah dokter yang tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bone saat ini berjumlah 102 orang. Ini sudah termasuk di dalamnya dokter berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun dokter pegawai tidak tetap (PTT). Adapun rinciannya adalah dokter umum sebanyak 67 orang. Ini terbagi atas dokter umum PNS sebanyak 40 orang dan dokter umum PTT 27 orang. Selanjutnya total dokter gigi
35 orang, berstatus 25 orang dan PTT 8 orang. Sementara dokter sukarelawan sebanyak dua orang.
Jumlah dokter sebanyak itu belum mampu melayani 38 puskesmas yang ada di Bone.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top