Ini Usulan Rekomendasi LKPJ Akhir 2017 – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Usulan Rekomendasi LKPJ Akhir 2017

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2017, merumuskan rekomendasi terkait peningkatan kinerja pemerintah daerah Tahun 2018, melalui rapat pansus, Selasa 15 Mei 2018.

Rapat dipimpin ketua pansus, HAM Amin Mangunsara. Beberapa rekomendasi dirumuskan, khususnya terkait kepemimpinan Perusahaan Daerah (Perusda) yang vakum.

Anggota pansus, A Muh Idris Alang menegaskan, perlunya penjaringan ketat direktur Perusda. Pansus tak ingin lahir direktur Perusda yang tidak mampu memberikan kontribusi di sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jadi perlu uji kompetensi pimpinan kedepan. Supaya lahir direktur Perusda yang betul-betul mau bekerja. Yang punya inovasi dan jiwa enterpreneur yang tinggi,” ungkapnya.

Wakil Ketua pansus, Herman ST sependapat agar perlunya uji kompetensi direktur Perusda.

Anggota pansus lainnya menyarankan agar di rekomendasi ini juga tertuang rekomendasi untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terkait pengelolaan sampah.

“Saya sarankan agar ada tempat sampah yang disiapkan dimasing-masing kompleks perumahan,” tukasnya.
Termasuk pemberdayaan kelompok tani wanita.

“Ini harus kita suport agar mereka juga merasa diperhatikan,” tukasnya.
Mintayu juga mendesak agar data kemiskinan terus diperbaharui.

Karena selama ini banyak warga yang tergolong mampu tapi masih menerima bantuan. “Jadi perlu data rill angka kemiskinan. Harus ada perbaruan data,” tegasnya.

Hal yang perlu diperhatikan lanjut dia, yakni PAD sarang burung walet yang masih minim.

“Bayangkan dalam setahun PAD sarang burung walet hanya Rp10 juta. Sementara ada pengusaha walet yang bisa meraup pendapatan hingga Rp100 juta perbulan,” ujar anggota pansus lainnya, Ir Efendi.

Usulan rekomendasi lainnya yang mengemuka yakni peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan.

“Perlu adanya rumah sakit penyangga di Bone Selatan. Karena selama ini, banyak warga khususnya di Kajuara dan Kahu yang memilih berobat di Rumah Sakit Sinjai,” ujar Ramli.

“Perlu juga diperhatikan terkait aplikasi jaringan internet di sekolah. Ini demi mempermudah akses pelayanan pendidikan,” tambah anggota pansus lainnya, Hj Jusmiati Sudirman.

Ketua pansus, HAM Amin Mangunsara menegaskan, pansus telah berkomitmen melahirkan rekomendasi yang berkualitas demi peningkatan kinerja pemerintah daerah.

“Kita juga akan mengambil data pembanding dari daerah lain yang telah menggodok pansus LKPJ,” kunci Amin seraya menyebut jadwal sharing pendapat di DPRD Provinsi Sulsel.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top