Inspektorat Perketat Pengawasan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Inspektorat Perketat Pengawasan

Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Sinjai, Drs HA Talha MSi memimpin apel gabungan SKPD Lingkup Pemda Sinjai yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Senin 16 Januari.

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB—Inspektorat Daerah Kabupaten Sinjai siap memperketat pengawasan kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), terkait penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Termasuk juga pengawasan alokasi dana desa.

Hal ini ditegaskan Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Sinjai, Drs HA Talha MSi saat memimpin apel gabungan SKPD Lingkup Pemda Sinjai yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Senin 16 Januari kemarin.

Talha menegaskan, inspektorat akan melakukan pengecekan laporan SKPD secara rutin. Pengecekan dilakukan per triwulan untuk deteksi dini. Tujuannya supaya kita cepat tahu, apa saja program yang terealisasi dan terhambat. Kalau ada program yang terhambat, kami akan berikan rekomendasi penyelesaian,” pungkasnya.

Menurut dia, setelah APBD Sinjai ditetapkan, maka perlu diawasi realisasinya. Dalam memaksimalkan penyerapan anggaran, lanjut Talha, pihaknya menggunakan sistem elektronik untuk melihat pelaporan kegiatan SKPD. Sistem laporan tersebut kini sudah dapat terkoneksi dengan Badan Pemeriksa Keungan (BPK).

“Bahwa sesuai dengan tupoksi Inspektorat Daerah, pengawalan tugas yang diberikan dijadikan sebagai program khusus pemeriksaan tahunan dana desa dan SKPD, yaitu mengawasi penyimpanan dan penggunaan dana,” jelasnya. Selain itu, terkait pemeriksaan dokumen lanjutan, pihaknya mengharapkan agar SKPD dapat menyiapkan dokumen dengan tertib.

To Top