Irigasi Apareng di Sinjai Disuntik Rp20 M – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Irigasi Apareng di Sinjai Disuntik Rp20 M

Musyawarah rencana pembangunan tingkat kabupaten yang berlangsung di Gedung Pertemuan Sinjai, Rabu 15 Maret kemarin.

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Perbaikan irigasi Appareng masuk skala prioritas di Tahun 2017. Hal ini terungkap pada pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan tingkat kabupaten yang berlangsung di Gedung Pertemuan Hotel Sinjai, Rabu 15 Maret kemarin.

Perbaikan irigasi tersebut sudah mulai dianggarkan dan sementara dalam proses tender.
Ketua DPRD Sulsel, HM Roem yang hadir di musrenbang tersebut menyebutkan, untuk irigasi Appareng mendapat suntikan dana hampir Rp20 miliar. Selain irigasi Appareng, pemerintah daerah juga menganggarkan perbaikan irigasi Kalamisu meski masuk dalam paket kecil dengan dana berkisar Rp3 miliar.

Roem menjelaskan, terkait irigasi Apareng dan Kalamisu sebelumnya telah diusulkan menjadi prioritas utama pada tahun lalu. Namun karena adanya kebijakan pemerintah pusat dalam pemotongan dana DAK, sehingga perbaikan irigasi ini ditunda,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk tahun ini Pemerintah Provinsi Sulsel juga mengalokasikan dana untuk penanganan abrasi Pantai Karampuang di Desa Pattongko Kecamatan Tellulimpoe. “Sementara untuk pergantian jembatan yang ada di Poros Patongko dan Kajang baru akan direalisasikan pada tahun 2018 mendatang,” terangnya.

Terpisah, Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya mengharapkan berbagai permasalahan dan anspirasi masyarakat Sinjai yang menjadi kewenangan Provinsi Sulsel, agar mendapat perhatian untuk ditindaklanjuti.
Selain perbaikan irigasi, program lainnya yang mendesak kata Sabirin yakni perbaikan Jalan Kassi Buleng-Bontolempangan, revitalisasi sungai tangka.

Bupati juga mengharapkan adanya perbaikan pada obyek-obyek bersejarah yang ada di Sinjai seperti Benteng Balangnipa dan Taman Purbakala Batu Pake Gojeng yang dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Sulsel.

*

To Top