Jalan Reformasi ‘Dikepung’ Sampah – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Jalan Reformasi ‘Dikepung’ Sampah

PENULIS : BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB–Jalan Reformasi tepatnya di jalur menuju Kantor DPRD Bone, kini berubah menjadi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah ilegal. Pantauan RADAR BONE, sepanjang bibir Jalan Reformasi, disesaki sampah.
Parahnya lagi, instansi terkait (Dinas Kebersihan) Kabupaten Bone, seakan tidak peduli terhadap persoalan itu.
Salah seorang warga, Ilham mengaku prihatin melihat rendahnya kesadaran masyarakat, menjaga kebersihan, dengan membuang sampah disembarang tempat.

“Saya sering lewat di jalan itu. Sampah yang membusuk, sangat mengganggu ketentraman dan kenyamana kami pengendara yang melintas,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Senin 20 Juni kemarin.
Ditambah kurangnya kepedulian Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, yang menurutnya kian menambah parah tumpukan sampah di lokasi itu.

“Apa salahnya disiapkan bak sampah, sehingga warga tidak asal membuang sampahnya di pinggir jalan. Selain itu, perlunya sosialisasi yang massif, sehingga lahir kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,” pungkasnya.
Terpisah, Staf Kantor Pengelola Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (KPKPP) Kabupaten Bone, Arifin mengaku, tidak ada mobil sampah yang dikerahkan ke wilayah itu.

Seharusnya masyarakat tidak ada yang membuang sampah di tempat itu, karena tidak ada kontainernya. Tapi kami sebagai penanggung jawab petugas kebersihan, tentu akan berupaya untuk melakukan kerja bakti, membersihkan sampah di sepanjang jalan yang dimaksud (Jalan Reformasi). Nanti setelah lebaran, kita programkan pembersihan sampah di sepanjang kawasan itu,” kuncinya.

*ASKAR SYAM

To Top