Jamaah Latiful Akbar Bone Rayakan Lebaran – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Jamaah Latiful Akbar Bone Rayakan Lebaran

Jamaah Latiful Akbar di Lingkungan Maccedde Kelurahan Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur, merayakan lebaran, Selasa 5 Juli 2016

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Aliran Latiful Akbar di Lingkungan Maccedde, Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulsel, mulai melaksanakan salat idul fitri 1 Syawal 1437 H, Selasa 5 Juli 2016.
Mereka nampak sangat khusyuk melaksanakan salat di masjid berukuran 7×10 meter.

Jamaah laki-laki tampak menggunakan jubah hitam dengan sorban. Sementara para wanita menggunakan baju muslim seperti kebanyakan wanita di Timur Tengah. Jamaah Latiful Akbar, Hadrawi mengatakan, penentuan 1 Syawal dilihat dari bulan Razab dan perubahan fisik kasat mata yang dapat dilihat langsung.

“Kami menentukan 1 syawal itu secara keseluruhan bulan. Kami melihat bukan dari tanggal dan kami tidak pernah meninggalkan ruk‎iyah,” ungkapnya.

Dia memberi contoh pada zaman dahulu penentuan waktu berpuasa tidak seperti saat ini yang menggunakan peralatan canggih modern.

“Dulu kita masih menggunakan tatok (jam matahari) yang dapat dilihat dari bayangan yang ditampakkan dengan panjang dan pendek bayangan yang berbeda,” pungkasnya.

‎Namun hal mendasar yang paling menentukan penentuan 1 Syawal, menurut Hadrawi, yakni dengan melihat tanda-tanda alam seperti melihat ufuk di Timur selama 10 menit sebelum Fajar (Subuh), dan memperhatikan perubahan langit sehingga bisa menjadi patokan.

Rangkaian Salat Idul Fitri diakhiri dengan saling bersalaman sambil berpelukan, untuk saling memaafkan satu sama lain.

*ASKAR SYAM

To Top