Jamin Ketersediaan Dana di ATM, BI Siapkan Rp5,7 Triliun – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Jamin Ketersediaan Dana di ATM, BI Siapkan Rp5,7 Triliun

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE, RB–Bank Indonesia menggelontorkan dana Rp5,7 miliar. Ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal yang cenderung meningkat di bulan Ramadan dan Lebaran Idul Fitri.

Kepala BI Perwakilan Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang rupiah yang cukup banyak, pecahan yang sesuai tepat waktu, dan dalam kondisi layak edar. Pihaknya senantiasa melakukan upaya-upaya antara lain melalui kegiatan yang disebut clean money policy. Terutama di setiap bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.”Kami bersinergi dengan perbankan memberikan berbagai layanan. Untuk menunjang layanan penukaran uang tersebut, pihaknya melaksanakan sejumlah kegiatan.

“Diantaranya, kerjasama dengan 33 bank umum untuk penukaran di 85 titik dan layanan penukaran melalui mobil kas keliling Bank Indonesia dan bank di 20 instansi,” bebernya.

Selanjutnya, tempat layanan penukaran baru di pusat keramaian, yakni pusat perbelanjaan maupun di pasar modern dan tradisional di sebanyak 11 titik.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang besar karena perbankan telah menyediakan ATM di berbagai tempat. “Hal ini juga untuk keamanan dan kenyamaan masyarakat selama Ramadan dan jelang lebaran nantinya,” kunci dia.

Terkhusus di Kabupaten Bone, pihak Bank Rakyat Indnesia (BRI) Cabang Watampone, menyiapkan Rp30 miliar uang tunai guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat menyambut lebaran tahun ini. Rencananya, uang tersebut akan tersebar di perangkat mesin hingga unit kerja.

Asisten Manager Operational BRI Cabang Watampone, Putu Gede Arimbawa mengatakan BRI berkomitmen untuk hadir dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan layanan perbankan pada momen lebaran 2019. Meskipun dalam kondisi libur dan cuti bersama lebaran 2019 berlangsung dari tanggal 1-9 Juni 2019, masyarakat tetap dapat menikmati layanan perbankan Bank BRI

“Diperkirakan dana tunai untuk kebutuhan lebaran ini mulai Rp30 hingga 40 miliar. Jumlah ini masih sama seperti tahun sebelumnya, karena diperkirakan tidak ada perubahan. Bahkan tahun lalu, masih ada yang tersisa,” jelas Putu Gede Arimbawa kepada RADAR BONE, pekan lalu.

Menurutnya, dana tunai ini akan disalurkan ke 41 unit ATM yang terbesar di seluruh unit BRI Kabupaten Bone, baik wilayah kota maupun kecamatan.

“Khusus wilayah kota saja, ada 21 ATM BRI yang melayani kebutuhan dana tunai masyarakat,” jelasnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat selama liburan panjang lebaran ini untuk memaksimalkan layanan transaksi elektronik, bukan saja ATM tapi juga internet banking atau mobile banking.

Hal sama juga dilakukan pihak BNI Capem Bone. Pimpinan BNI Capem Bone, Abdullah mengungkapkan pihaknya akan menyiapkan dana berkisar Rp36 miliar untuk memenuhi kebutuhan nasabah jelang lebaran Idul Fitri 1440 H. Pelayanan BNI diperkuat melalui 11 mesin ATM yang tersebar di dalam kota. “Perkiraan dana yang disiapkan untuk penarikan nasabah di mesin ATM sampai memasuki Hari Raya Idul Fitri sekira Rp36 miliar,” ujar Abdullah.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top