Jelang Akhir Tahun, Dewan Kebut Tiga Ranperda – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Jelang Akhir Tahun, Dewan Kebut Tiga Ranperda

Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi saat menyerahkan tiga ranperda dalam rapat peripurna DPRD Bone. Senin 5 Desember kemarin.

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE,  RB–Setelah dibuat sibuk dengan pembahasan APBD 2017 yang berlangsung secara maraton, akhir November lalu. Memasuki akhir tahun, dewan kembali disodori tiga rancangan peraturan daerah dari eksekutif. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bone, menggelar rapat paripurna dengan agenda penyerahan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk selanjutnya dibahas di DPRD Bone, Senin 5 Desember kemarin.

Tiga ranperda dimaksud, yakni Ranperda tentang Bangunan Gedung, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Penanaman Modal.
Ketiga ranperda ini di-serahkan langsung Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi kepada Ketua DPRD Bone Drs A Akbar Yahya MM.

Selanjutnya ketiga ranperda ini akan dibahas melalui dua panitia khusus (Pansus) yang telah dibentuk berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus). Hal ini diungkapkan Sekretaris DPRD Bone, Drs Muh Ridwan MSi saat menyampaikan hasil rapat bamus melalui rapat paripurna tersebut.

Bupati dalam sambutannya menegaskan, pentingnya ketiga ranperda tersebut untuk selanjutnya disahkan menjadi produk hukum daerah.  Fahsar mencontohkan, perda bangunan gedung yang penyelenggaraanya perlu diatur dalam bentuk regulasi yang jelas, sehingga bangunan gedung di Bone tertata dengan baik.
“Termasuk kualitas bangunan gedung dan penempatannya. Saya kira dengan adanya regulasi ini, akan tercipta tatanan yang baik terkait bangunan gedung,” jelasnya.

Termasuk lanjut Fahsar Perda RDTR yang menurutnya disusun sebagai perangkat operasional rencana detail tata ruang.
Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Bone, Drs A Akbar Yahya memuji kinerja badan legislasi, dimana tahun ini (2016), program legislasi daerah (Prolegda) yang telah disusun hampir seluruhnya terselesaikan.
“Sudah ada 10 perda yang disahkan. Insya Allah ketika tiga perda ini disahkan, maka total 13 perda yang sudah terselesaikan. Padahal dalam prolegda kemarin, hanya 10 prolegda yang ditargetkan,” terangnya.

 

To Top