Jelang Idul Fitri, Inflasi Sidrap Rendah Hanya 0,05 Persen – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Jelang Idul Fitri, Inflasi Sidrap Rendah Hanya 0,05 Persen

RADARBONE. CO. ID_SIDRAP– Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan Juni 2017 tercatat sebesar 0,05 persen di Kabupaten Sidrap. Inflasi IHK pada periode Idul Fitri tahun ini cukup terkendali dan lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi periode Idul Fitri dalam empat tahun terakhir.

Atas dasar inilah, tak mengherankan jika meski jelang Idul Fitri, dimana kebutuhan masyarakat meningkat akan bahan pokok, namun harga sembako atau sembilan bahan pokok masih sangat stabil.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sidrap Misbahuddin mengatakan, inflasi untuk bulan ini di Sidrap adalah terendah dibandingkan kabupaten yang ada di sekitarnya seperti Kabupaten Pinrang, Kabupaten Wajo, Soppeng, Parepare dan lainnya.

“Ketersediaan bahan pokok memang terjamin di Sidrap. Mulai dari beras, minyak goreng, telur semua terjamin dan tidak langka,” jelas Misbahuddi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi mengatakan, kendati harga sembako masih tergolong stabil, namun Pemkab Sidrap masih terus melakukan pemantauan dan mengoptimalkan koordinasi dengan stake holder, khususnya para distributor bahan pokok di Kabupaten Sidrap.

Ketataniagaan, serta pengawasan untuk mencegah penimbunan bahan kebutuhan pokok menjadi variabel yang harus diopimalkan Pemkan Sidrap di Sidrap.

“Sehingga harga bahan pokok benar benar stabil dan tidak ada lonjakan harga yang drastis. Semua saat ini terkendali dan aman baik sebelum Idul Fitri maupun pasca,” ujar Sudirman.

Sekadar diketahui, di Sidrap semua kelurahan dilakukan pasar murah. Baik oleh Pemkab Sidrap maupun oleh Ketua Tim Penggerak PKK Sidrap Hj Fatmawati Rusdi. Sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi. Ketika permintaan masyarakat masih rendah, secara hukum pasar harga tak akan mengalami kenaikan. Akibatnya, hal ini memicu inflasi rendah di Sidrap.

To Top