Jelang Pemilu, DKPP Kumpulkan Komisioner kpu-bawaslu. Ini Yang Dibahas – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Jelang Pemilu, DKPP Kumpulkan Komisioner kpu-bawaslu. Ini Yang Dibahas

RADARBONE.CO.ID–Dewan kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia, menggelar kegiatan pendidikan etik bagi penyelenggara pemilu tingkat kabupaten kota se Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai 27 Februari sampai dengan 1 Maret 2019 bertempat di Hotel Claro Makassar.

Pendidikan etik bagi penyelenggara Pemilu ini diikuti oleh Bawaslu tingkat kabupaten kota dan KPU kabupaten kota se Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh ketua DKPP RI Prof Harjono yang ditandai dengan pemukulan Gong.

Dalam sambutannya, Harjono mengatakan, pemilu adalah kesempatan untuk memperoleh kepercayaan masyarakat. Juga dalam kegiatan ini turut hadir ketua KPU Republik Indonesia, Arif Budiman yang juga memberikan penekanan bahwa Pemilu itu ibaratnya suatu rumah yang penghuninya adalah KPU, Bawaslu beserta DKPP.

“Ketika Pemilu itu bermasalah atau rumah itu bermasalah maka tentu penghuninya yang membuat masalah. Olehnya itu, demi menciptakan suatu kondisi rumah yang baik, tatanan pemilu yang bermartabat, maka penyelenggara pemilu itu harus melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai dengan amanah konstitusi, penuh amanah dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Komisioner KPU Bone divisi hukum, Abdul Rahim menilai, kegiatan yang dilakukan dan digagas oleh DKPP Rl ini adalah sangat penting, mengingat tugas KPU Kabupaten Kota bertambah dengan adanya pelimpahan kewenangan kepada KPU untuk memposes dan melakukan verifikasi terhadap dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh penyelenggara ad hoc, baik PPK, PPS maupun KPPS.

“Saat ini kami banyak berjibaku dengan teknis penyelenggaraan pemilu. Dengan adanya tugas tambahan yang diberikan kepada kami yakni memproses dan melakukan verifikasi terhadap dugaan pelanggaran etik yang dilakukan penyelenggara Ad Hoc, tentu membuat kami bingung dalam melaksanakannya. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, maka kami bisa mengetahui bagaimana prosedur dalam memproses dugaan pelanggaran etik,” pungkas mantan ketua PPK dan Panwascam Amali ini.

Dalam kegiatan tersebut, selain dihadiri oleh Ketua DKPP Rl, juga komisioner DKPP, Ida Budhiati, Prof Teguh Prasetyo, Ketua KPU RI Arif Budiman, anggota Bawaslu Rl Dewi Ratna Petalolo, Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili Kesbangpol Provinsi Sulsel, Ketua Bawaslu Prov Sulsel, Laode Arumahi, ketua KPU Sulsel Misna M Attas serta KPU dan Bawaslu Kab/Kota se Sulawesi Selatan..

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top