Jelang Pemilu, KPU Bone Pastikan Kesiapan Penyelenggara Paripurna – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Jelang Pemilu, KPU Bone Pastikan Kesiapan Penyelenggara Paripurna

Ketua KPU Bone Izharul Haq berbincang bersama Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle. Salah satu poin yang dibahas terkait kesiapan distribusi logistik

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, menegaskan kesiapan penyelenggara dalam melaksanaan pesta demokrasi sudah paripurna.

Ketua KPU Bone, Izharul Haq menegaskan, kesiapan KPU jelang proses pemungutan dan penghitungan suara, sudah paripurna. Termasuk anggaran untuk proses distribusi logistik dan lainnya.

“Saat ini, sisa surat suara calon presiden dan calon DPD yang belum tiba. Lainnya, itu sudah siap semua. Termasuk gudang penyimpanan logistik di kecamatan. Jadi saya tegaskan, tidak ada kendala,” tukasnya.

Khusus proses rekapitulasi penghitungan di kecamatan,
KPU kata dia, akan mengajukan bantuan ke Pemkab Bone, untuk konsumsi berupa makanan dan minuman, selama proses rekapitulasi hasil pemilu 2019 ditingkat kecamatan.

Rencana pengajuan bantuan tersebut tak lepas dari terbatasnya anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat ke daerah. Rinciannya, terdiri dari, nasi dos senilai Rp1.813.500.000 dan snack senilai Rp1.366.200.000 dengan total senilai Rp. 3.179.700.000.

Izharul Haq mengatakan, permintaan berupa makanan ini berdasarkan keputusan dari hasil rapat di KPU Provinsi dengan seluruh Bupati dan Gubernur di Sulsel, agar bantuan yang diberikan tidak boleh dalam bentuk uang, tapi harus berupa barang.

“Kalau anggaran untuk proses pemungutan dan penghitungan suara, itu sudah siap semua. Ini yang kami mintakan, hanya untuk proses rekapitulasi di tingkat kecamatan,” ungkap Izharul.

Izharul menyebutkan, bantuan dalam bentuk uang bisa memungkinan, hanya saja, harus melalui ketentuan Naskah Perjanjian Hibah Daerah. Proses itu kata Izharul tak memungkinkan ditempuh, mengingat pelaksanaan pemilu yang kian dekat. “Untuk NPHD, itu butuh waktu minimal satu bulan. Jadi sangat tidak memungkinkan,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top