JPU Resmi Layangkan Kasasi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

JPU Resmi Layangkan Kasasi

Kasus PDAM Bone

PENULIS : HERMAN  KURNIAWAN

WATAMPONE, RB—Pasca vonis bebas yang diputuskan Hakim Pengadilan Tipikor Makassar terhadap dua mantan pejabat PDAM Bone, yakni Abd Rahman Asis (Mantan Direktur) dan Podang (Mantan Kabag Keuangan) terkait dugaan kasus tindak pidana korupsi dengan kerugian negara Rp612 Juta.

Pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU), Abd Malik secara resmi melayangkan kasasi atas putusan tersebut. Kejaksaan Negeri Bone meyakini kedua mantan petinggi PDAM Bone itu bersalah dan harus dihukum sesuai tuntutan JPU sebelumnya, yakni pidana penjara selama satu tahun tiga bulan dan denda Rp50 juta, serta subsider satu bulan.

“Sudah dilayangkan upaya kasasi secara resmi. JPU me-nyatakan kasasi,” tutur M Natsir Hamzah SH, Kajari Bone.
Sementara JPU, Abd Malik yang dikonfirmasi RADAR BONE dengan tegas mengatakan, pihaknya mayakini putusan yang diambil hakim tidak sesuai de-ngan bukti yang ditemukan.

“Sudah dilakukan upaya hukum, karena putusan hakim tidak kami terima,” tegasnya.
Diketahui, dua mantan pe-tinggi PDAM Bone itu divonis bebas dalam sidang kasus dugaan korupsi yang digelar di Pengadilan Tipikor Makassar, Senin 5 September lalu. Vonis akhirnya dibacakan hakim setelah sidang sempat tertunda hingga lima kali.
Vonis yang dijatuhkan majelis hakim bertolak belakang dengan tuntutan JPU. Sebelumnya JPU menuntut keduanya pidana penjara selama satu tahun tiga bulan, denda Rp50 juta dan subsider satu bulan.

Rahman dan Podang diajukan ke meja hijau karena terkait dugaan SPPD fiktif dan dugaan korupsi pada proyek Sistem Penyediaan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM IKK). Terkhusus untuk Abd Rahman Azis telah mengembalikan kerugian negara.

*ASKAR SYAM

To Top