Kabar Gembira Buat Kepsek dan Pengawas. Tunjangan Baru Menanti – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kabar Gembira Buat Kepsek dan Pengawas. Tunjangan Baru Menanti

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Seiring munculnya Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang guru, kepala sekolah dan pengawas terancam kehilangan tunjang sertifikasi.

Menanggapi hal ini, kepsek dan pengawas terkesan santai-santai saja.
Kepala SMPN 1 Watampone, Muh Arfah mengatakan perubahan regulasi yang mengatur soal guru itu tak perlu dicemaskan, pasalnya akan dibarengi pula dengan perubahan tunjangan. “Tunjangan profesi yang kita diterima selama ini akan berganti menjadi tunjangan kinerja. Tunjangan kinerja lebih besar dibanding tunjangan profesi. Karena akan dibayar berdasarkan kinerja kita,” ungkap Arfah.

Sekretaris Koordinator Pengawas Dra Hj Roslina pun berpendapat sama. Ia juga tak mengkhawatirkan hilangnya tunjangan serfikasi kelak. “Meski tunjangan sertifikasi hilang, akan tetapi tetap akan diganti dengan tunjangan lain. Jadi namanya saja yang berbeda,” ungkapnya seusai acara rapat koordinasi di Gedung Guru Kabupaten Bone baru-baru ini.

Koordinator Pengawas Kabupaten Bone Sam Arif mengatakan tunjangan sertifikasi yang berganti menjadi tunjangan kinerja masih menunggu kepastian dari pusat. “Tunjangan kinerja itu hingga saat ini masih sebatas wacana,” katanya.

Terkhsus pengawas, kata Sam Arif baru menerima sertifikasi setelah diperjuangkan Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI) yang mendesak pemerintah, agar pengawas juga dikategorikan sebagai guru. “Makanya sejak tahun 2009 pengawas pun mulai menikmati tunjangan sertifikasi,” kata Sam Arif.
Saat ini, kata Sam perubahan peraturan pemerintah dimaksud belum bisa diaplikasikan oleh pemerintah jika belum turun juknis pelaksanaanya.

Namun dalam waktu dekat, kata dia juknis yang akan mengatur pelaksanaan PP Nomor 19 Tahun 2017 segera diterbitkan. “Saat ini Kementerian Keuangan tengah melakukan tinjauan. Apakah kepala sekolah dan pengawas layak untuk diberikan tunjangan sertifikasi atau tidak karena mengingat kebanyakan tugasnya adalah manajemen,” jelasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top