Kabupaten Soppeng Tercepat Salurkan Dana Desa Ke RKD – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kabupaten Soppeng Tercepat Salurkan Dana Desa Ke RKD

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE, Sampai dengan hari Senin 29 Juli 2019 berdasarkan data pada Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN), Kabupaten Soppeng merupakan kabupaten yang tercepat dalam menyalurkan Dana Desa (DD) dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD). Baik tahap I sebesar Rp10,4 miliar maupun tahap II sebesar Rp20,8 miliar telah 100% tersalurkan ke seluruh desa sebanyak 49 desa.

Sesuai ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 193/PMK.01/2018 pasal 20 ayat (8) bahwa Penyaluran Dana Desa dari RKUD ke RKD dilakukan paling lama 7 (tujuh) hari kerja setelah Dana Desa diterima di RKUD.

“Diharapkan dengan telah tersalurkannya DD ke RKD, pemerintah desa dapat segera melaksanakan program kegiatan yang telah direncanakan dalam APBDes,” ungkap Rintok Juhirman Kepala KPPN Watampone.

Untuk Kabupaten Wajo, DD tahap I 2019 telah tersalurkan dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD) sebesar Rp21,75 miliar atau 96,42% dan tahap II belum terdapat penyaluran ke RKD dari total sebesar Rp23,80 miliar yang sudah diterima di RKUD.

“Diharapkan Pemerintah Kabupaten Wajo dapat segera melakukan percepatan penyaluran DD sesuai ketentuan yang berlaku, dengan melakukan pendampingan kepada desa untuk dapat menyelesaikan persyaratan penyaluran yang diatur dalam PMK di atas,” pintanya.

Sementara itu, Kabupaten Bone untuk DD tahap I 2019 telah tersalurkan dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD) sebesar Rp65,87 miliar atau 97,63% dari total DD tahap I sebesar Rp67,46 miliar. Sementara tahap II tersalurkan sebesar Rp7,39 miliar atau 5,48% dari total DD tahap II sebesar Rp134,93 miliar.

“Sama seperti Pemkab Wajo, Pemkab Bone perlu melakukan sinergi dengan berbagai pihak agar DD dapat tersalurkan ke RKD dengan segera, sehingga masyarakat desa bisa segera menerima manfaatnya,” terangnya.

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Watampone kata Rintok selaku Kuasa Pengguna Anggaran senantiasa melakukan koordinasi secara intensif dengan Pemerintah Daerah se-BOSOWA agar penyaluran DD dapat tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu, baik secara langsung maupun melalui media lainnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top