Kades Bonto Terancam Pidana Penjara 1 Tahun. Ini Dugaan Pelanggarannya – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kades Bonto Terancam Pidana Penjara 1 Tahun. Ini Dugaan Pelanggarannya

PENULIS : LUKMAN SARDY

RADARBONE.CO.ID_SINJAI, RB–Badan Pengawasn Pemilu (Bawaslu) mulai memeriksa Kepala Desa Bonto, Mappiare, atas dugaan keterlibatannya mengkampanyekan salah satu caleg provinsi, Mizar Roem.

“Terkait dugaan kasus pelanggatan pemilu yang dilakukan oleh kepala Desa Bonto, kami dari Bawaslu sudah melakukan pemeriksaan beberapa saksi. Termasuk meminta keterangan dari terduga pelaku (Kades Bonto),” ungkap Anggota Bawaslu Sinjai, Saifuddin kepada RADAR BONE, Rabu 13 Maret kemarin.

Ia menegaskan, oknum kepala desa tersebut, disangkakan dengan pasal 490 juncto pasal 282 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. Ancaman pidananya kata Saifuddin, maksimal 1 tahun penjara.

“Di UU Nomor 7 jelas disebutkan, etiap kepala desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa Kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp12 juta,” ujar Saifuddin sembari mebacakan isi dari regulasi yang dimaksud.

Ia menyebutkan, kepala desa, termasuk oknum caleg provinsi yang dikampanyekan, dicecar 30 pertanyaan.  “Insya Allah satu dua hari kedepan akan dilakukan rapat dengan Gakumdu untuk penentuan lanjut atau tidaknya kasus dugaan pelanggaran pemilu itu,” ucapnya.

Sementara Mizar Roem Caleg Provinsi dari Partai Nasdem usai diperiksa di Kantor Bawaslu Sinjai, enggan berkomentar banyak.
“Kita percayakan proses ini kepada teman teman Bawaslu Sinjai,” kunci Mizar.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top