Kades dan Lurah di Bone Ramai-ramai Menolak Data PKH Pusat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kades dan Lurah di Bone Ramai-ramai Menolak Data PKH Pusat

Warga Kecamatan Libureng saat antre di kantor pos Camming menerima dana bantuan PKH tahun 2016 lalu.

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Sejumlah pemerintah desa dan kelurahan di Kabupaten Bone, Sulsel, kecewa lantaran alokasi penerima program keluarga harapan tidak sesuai dengan data yang diusulkan. Akibatnya banyak warga yang dinilai layak menerima tidak terakomodir dalam program tersebut.

Di Desa Lea, Kecamatan Tellu Siattinge misalnya, masih terdapat puluhan warga yang tidak masuk sebagai rumah tangga sasaran (RTS) program keluarga harapan (PKH). Padahal dari hasil verifikasi tingkat desa, mereka dinyatakan layak dan pantas menerima program tersebut.

“Penerima PKH di wilayah kami hanya 20 RTS lebih. Sesuai verifikasi sebelumnya ada beberapa penerima raskin berhak menerima PKH tapi tidak tercover. Jumlah penerima raskin di desa kami mencapai 80-an RTS,” beber H Jufri, Kepala Desa Lea saat dikonfirmasi RADAR BONE, Selasa, 5 Desember kemarin.

Jufri berharap ke depan warganya yang terverifikasi layak kiranya mendapat jatah PKH tahun depan. “Kami berharap agar masyarakat yang memenuhi persyaratan menerima bantuan PKH bisa terakomodir. Mudah-mudahan ada tambahan,” ungkapnya.

Amburadulnya data penerima PKH tahun ini mengemuka di dalam bimbingan teknis (Bimtek) program keluarga harapan yang berlangsung di aula Masjid Al Markaz Al Ma’rif, Kamis, 30 November lalu.

Lurah Masumpu, Indriaty A Lathief menilai data bantuan penerima PKH diduga tidak akurat, disebabkan adanya beberapa warga Masumpu yang masuk kategori layak menerima, namun tidak terakomodir tahun ini.

“Tidak sesuai data yang diverifikasi di tingkat kelurahan dengan data dari pusat,” beber Indriaty.
Koordinator PKH Kabupaten Bone, Baskar yang dikonfirmasi RADAR BONE, Selasa, 5 Desember kemarin menegaskan penerima PKH akan segera divalidasi ulang.

Untuk pelaksanaan validasi tersebut, kata Beskar dipercayakan kepada Dinas Sosial. Sebelumnya, penentuan penerima PKH berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). “Untuk memperbaiki data tersebut akan dilakukan verifikasi pada tahun 2018. Data sudah diserahkan ke Dinas Sosial untuk divalidasi,” tandasnya.

Disebutkan Baskar penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) Kabupaten Bone hingga Desember 2017 sebanyak 18.866 rumah tangga sasaran. Yang termasuk ke dalam penerima PKH, yakni ibu hamil, anak sekolah mulai SD hingga SMA.

Balita, lanjut usia (Lansia) yang berumur 70 tahun ke atas, serta disabilitas berat atau yang tidak bisa bekerja.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top