Kades Tolak Disalahkan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kades Tolak Disalahkan

Rapat koordinasi bidang kesra dan kemiskinan yang berlangsung di Ruang Pola Tanassang beberapa waktu lalu. Verifikasi penduduk miskin menuai polemik. Kades menolak disalahkan.
Tegaskan Tidak Pernah Diminta Verifikasi Ulang Penduduk Miskin

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Pernyataan Bupati Sinjai HM Sabirin Yahya soal adanya perbuatan melanggar hukum terkait dengan anggaran kesehatan masyarakat miskin yang bersumber dari APBD sebesar Rp15M, langsung ditanggapi sejumlah kepala desa di Bumi Panrita Kitta.
Diketahui, adanya tudingan kesalahan pendataan yang dilakukan kepala desa, sehingga angka penduduk miskin di daerah itu mencapai 52 persen.
Kepala Desa Lasiai Kecamatan Sinjai Timur, Ambo T Mu’min menegaskan tidak sepakat jika terjadi kesalahan data dilimpahkan kepada kepala desa. “Yang jelasnya kami selaku kepala desa tidak setuju jika kesalahan data warga miskin dilimpahkan kepada kami. Karena kami sendiri tidak pernah diminta untuk melakukan verifikasi ulang terkait data miskin tersebut,” tegasnya mewakili kepala desa di Sinjai.
Ambo menegaskan, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang disalurkan, merupakan data 2013 dan 2014 dan belum pernah diperbaharui atau diverifikasi kembali. “Saya tidak tahu kalau di desa lain, tapi penemuan di desa kami (Desa Lasiai), masih ada beberapa kartu KKS yang keluar, padahal orangnya sudah meninggal. Jadi kalau dananya sudah keluar dikemanakan dana itu, karena kami tidak diberikan kewenangan untuk melakukan verifikasi ulang. Itu baru di desa saya belum di desa lain,” jelasnya.
Olehnya itu, dia meminta pemerintah daerah, untuk mememperbaiki data miskin. “Seharusnya pemerintah bisa turun memperbaiki pendataan atau setidaknya ada surat tembusan ke desa untuk melakukan verifikasi ulang. Jangan cuma menyalahkan kepala desa jika terjadi kesalahan data,” tegasnya.
Sementara Sekda Sinjai, HA Tayyeb Mappasere mengaku baru mengetahui jika ternyata data warga miskin ada, namun orangnya sudah meninggal. “Saya baru tahu itu. Secepatnya saya akan panggil kepala desa untuk membahas masalah ini,” pungkas Tayyeb.

 

EDITOR : ASKAR SYAM

To Top