Kadis PMD Bilang Jangan Intervensi Masyarakat Untuk Setor Dukungan KTP-el – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kadis PMD Bilang Jangan Intervensi Masyarakat Untuk Setor Dukungan KTP-el

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE– Keluhan tim sukses bakal calon perseorangan terkait adanya oknum kades yang diduga melarang warganya memberikan dukungan KTP, ditanggapi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bone.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bone, Drs A Arsyad Lantara SH mengatakan pilkada diharapkan berlangsung aman dan bermartabat, karenanya tidak boleh ada inteversi di dalamnya. Kepala desa, kata harus bersikap netral dalam hajatan politik tersebut.

“Berikan haknya masyarakat, kalau memang mereka punya dukungan, tidak boleh dilarang. Seperti halnya pengumpulan KTP dalam mendukung balon perseorangan tidak boleh dihalangi-halangi, kepala desa harusnya netral,” tegas Arsyad kepada RADAR BONE, Senin, 16 Oktober lalu.

Arsyad menambahkan kepala desa wajib mengetahui segala sesuatu yang terjadi di wilayahnya, namun demikian tidak boleh mengintervensi, apalagi menyangkut pilihan politik menghadapi Pilkada Bone tahun 2018.

“Jika kepala desa mengingatkan kepada warganya dan mengetahui kalau ada pengumpulan KTP tidak ada masalah yang penting tidak melarang. Kalau hanya sekadar mengingatkan dan menyampaikan kepada warganya, misalnya jika ada yang bermasalah dikemudian hari di luar tanggung jawab kepala desa tidak ada masalah, yang penting kepala desa tidak melarang warganya. Saya minta kepala desa netral, dan tidak mengintervensi warga,” kunci dia.

Sebelumnya, tim sukses pasangan balon perseorangan dr Umar-Dr HA Mappamadeng Dewang, MSi menyebutkan Kepala Desa Pongka, Kecamatan Tellu Siattinge, H Misdar terang-terangan melarang warganya, agar tidak memberikan KTP kepada calon perseorangan. Larangan tersebut disampaikan sang kades di masjid.

Kepala Desa Pongka, H Misdar yang dikonfirmasi RADAR BONE menampik telah melarang warganya memberikan dukungan KTP kepada balon perseorangan. Misdar berdalih dirinya hanya meminta kepada tim sukses balon untuk melapor kepadanya sebelum melakukan pengumpulan KTP warga.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top