KALEIDOSKOP 2016 – PEMBANGUNAN – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

KALEIDOSKOP 2016 – PEMBANGUNAN

Tugu Gerbang Kota atau dikenal Tugu JK merupakan salah satu proyek ikon yang dibangun Pemkab Bone tahun ini.

Hadirkan Proyek Ikon Bernilai Miliaran, Koleksi 97 Penghargaan

Pemerintah Kabupaten Bone berupaya menciptakan ikon-ikon baru dalam derap pemba-ngunan sepanjang 2016. Mega proyek bernilai miliaran dapat ditemui di sejumlah titik dalam kota.

ROSDIANA SULJA, Watampone

Memimpin Bumi Arung Palakka yang berpenduduk sebanyak 742.912 orang, dengan luas wilayah mencapai 4.559 kilometer bujursangkar, tidaklah mudah. Butuh keberanian besar dan strategi kepe- mimpinan yang mampu menggalang kekompakan semua kalangan agar visi misi yang telah dicanangkan bisa tercapai.

Salah satu tolok ukur dari keberhasilan dalam memimpin satu daerah bisa dilihat pada progres pembangunan serta torehan prestasi yang disabet. Dari segi pembangunan, Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi menegaskan pembangunan yang dilakukan merupakan perwujudan realisasi kebutuhan masyarakat yang ditampung melalui musyawarah rencana pembangunan secara berjenjang mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dipadukan rencana pembangunan provinsi dan nasional.

“Selama lima tahun kami ditargetkan memperbaiki 150 kilometer jalan, tetapi pada tahun ketiga kepemimpinan kami sudah terealisasi hingga 200 kilometer jalan yang dibangun dan ini akan terus kami lanjutkan hingga akhir periode,” ungkap Fahsar beberapa waktu lalu.

Pembangunan mega proyek yang berhasil membuka mata masyarakat Bone meski di baliknya tetap terdengar suara-suara sumbang. Misalnya saja, Rehabilitasi Lapangan Merdeka dengan memindahkan lokasi tribun hingga menghasilkan ba-ngunan tribun yang kokoh dan menjadi kebanggaan masyarak Kota Beradat.

Proyek bernilai miliaran ini sempat dikorek penyidik Kejati Sulsel karena pengerjaan molor, namun hingga saat ini tidak jelas perkembangan penanganan kasusnya.Begitupula dengan Revitalisasi Taman Bunga yang menampilkan Air Mancur raksasa sementara dalam tahap finishing dan rencana dilaunching penggunaannya pada malam pergantian tahun.

“Air Mancur Taman Merdeka, Insya Allah akan menjadi kasawan air mancur kedua terbesar di Indonesia,” kata Fahsar.
Selain, Air Mancur raksasa yang bakal menjadi ikon baru di Bumi Arung Palakka, mega proyek lainnya adalah Tugu Gerbang Kota atau yang dikenal Tugu JK. Proyek fisik yang berada tepat di depan Terminal Petta Ponggawae juga diyakini pemda akan menjadi ikon baru. Proyek lain diharapkan menjadi ikon kota adalah Tugu Gecong di Jl Ve-teran. Meski hingga kini proyek tersebut menuai kontroversi di tengah masyarakat

Kemudian untuk wilayah desa, ratusan pembangunan fisik lain juga dilakukan dan menyen-tuh hingga ke pelosok desa, seperti pembangunan jalan tani hingga saluran irigasi.
Untuk pembangunan sumber daya manusia, Pasangan Tafa’dal menggenjot pembangunan pertanian. Program swasembada pangan pun terus digaungkan dengan melarang para petani tanam hambur agar hasil produksi gabah meningkat.
Pembagian alat pertanian seperti hand traktor, mesin transplanter, pembagian benih hingga alokasi anggaran miliaran dari APBD untuk biaya transportasi pendistribusi pupuk dari agen ke petani menjadi program prioritas.

Sepanjang tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bone di bawah kendali Fahsar dan Ambo Dalle kebanjiran penghargaan bertaraf nasional. “Hingga saat ini, jumlah penghargaan yang berhasil kami sabet mencapai 90-an lebih,” terang Fahsar
Berdasarkan data yang diperoleh dari Bagian Pemerintahan Setda Bone, dalam kurun waktu 2013-2015 terdapat 75 penghargaan yang diterima pemkab. Bahkan, selama Desember ini, penghargaan pun bertubi-tubi datang.
Sebut saja Anugerah Dana Rakca 2016 yang diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu 7 Desember lalu,

“Ini prestasi yang cukup membanggakan karena kita satu satunya wakil Sulawesi Selatan, sekaligus menjadi bukti konsistensi Pemda Bone dalam mengelola keuangan dengan tertib dan tetap transparan,” tulis Fahsar dalam akun facebook yang dipostingnya usai menerima penghargaan.

Keberhasilan itu juga mengantarkan Pemkab Bone bisa mendapatkan kucuran dana insentif daerah (DID) sebesar Rp51 miliar.
Sementara dalam pembinaan organisasi, Fahsar menyabet penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha Tahun 2016 kategori Pembina Umum Karang Taruna Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2016. Disusul Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2016 atas penilaian kinerja pemerintah daerah dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak.
“Prestasi-prestasi yang berhasil diukir menjadi bukti konsis-tensi kami mewujudkan visi misi. Dan keberhasilan ini tentunya karena dukungan dan kekompakan semua pihak,” kunci Fahsar.

To Top