KASN Minta Pejabat Terpilih Segera Ditetapkan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

KASN Minta Pejabat Terpilih Segera Ditetapkan

Kabag Kegrariaan Setda Bone, A Khaikal SH saat mendaftar menjadi peserta lelang lelang jabatan di sekretariat paniita, Februari lalu.

Soal Lelang Jabatan Pemkab Bone

RADARBONE.CO.ID – WATAMPONE–Pihak Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN) menyatakan telah memberi rekomendasi persetujuan terhadap tiga besar hasil seleksi kompetensi lelang jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama lingkungan Pemkab Bone. Karenanya, tak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk menunda penetapan sekaligus pelantikan pejabat yang terpilih dari tiga besar yang lolos seleksi kompetensi tersebut.

Penegasan ini disampaikan Asisten Komisioner Bidang Pengkajian dan Pengembangan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia, Dr H Irwansyah saat dikonfirmasi RADAR BONE, Minggu, 16 April kemarin.
Mantan Kepala Bappeda Bone mengatakan dalam ketentuan perundang-undangan tidak diatur secara tegas batas waktu pelantikan. Yang ada kata dia, hanya ditentukan bahwa hasil tiga besar untuk setiap jabatan yang diseleksi, setelah mendapat rekomendasi persetujuan KASN, harus segera dipilih dan ditetapkan satu orang untuk menjadi kepala SKPD oleh kepada daerah.

“Dan kepala daerah tidak bisa menolak hasil serta tidak boleh memilih peserta lain selain yang masuk tiga besar,” kata Irwansyah. Mengenai hasil tiga besar seleksi kompetensi lelang jabatan yang dilaksanakan Pemkab Bone, sambung Irwansyah, KASN telah memberikan rekomendasi persetujuan dan meminta kepala daerah untuk menetapkan dan melantik pejabat yang bersangkutan.

“Jadi sangat jelas aturan mainnya, sekarang KDH (kepala daerah) harus segera menetapkan dan melantik kepala SKPD-nya,” tegas Mantan Asisten II Setda Bone itu.

Terkait pengumuman hasil tiga besar, Irwansyah menambahkan, pansel dapat mengumumkan secara terbuka dan atau menyampaikan secara langsung kepada para peserta seleksi terbuka.

Diketahui, berdasarkan jadwal kegiatan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Bone Tahun 2017 yang dipajang di sekretariat panitia, beberapa waktu lalu, terungkap pengumuman hasil seleksi kompetensi lelang jabatan tersebut sejatinya dilakukan pada 6 Maret lalu.

Namun faktanya, hingga kini atau setelah sebulan berlalu, hasil seleksi kompetensi peserta tersebut belum juga dibuka ke publik. Tak hanya itu, para peserta juga dilanda was-was karena tak mengetahui dirinya apakah lolos masuk tiga besar atau tidak.

Click to comment
To Top