Kasus Korupsi Dana Koperasi Rp11 M, Tiga Terdakwa Jalani Sidang – Radar Bone

Radar Bone

Soppeng / Wajo

Kasus Korupsi Dana Koperasi Rp11 M, Tiga Terdakwa Jalani Sidang

PENULIS: WAHYUDI

RADARBONE CO.ID, WAJO– Tiga orang terdakwa kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalah gunaan Dana Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir Kementerian Koperasi hingga saat ini masih menjalani proses sidang di Pengadilan Tipikor Makassar, Kamis 1 Februari.

Tiga nama dengan inisial, AIW, Pengurus Koperasi Prima Sejahtera, AA Pengurus Koperasi Dana Taman dan Mi pegawai Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah saat ini tengah menjalani sidang.

Kepala Kejaksaan Negeri Wajo, Eko Bambang Mashudi, SH. MH, Melalui Kasi Intel A. Sumardi. SH.

Membeberkan dua Koperasi yang Menerima dana yang bersumber dari APBN Tahun 2013. Koperasi Prima Sejahtera yang beralamat di Jl. Beringin Kota Sengkang menerima dana sebesar 10 M sementara, Koperasi Dana Taman yang beralamat di Jl. Poros Pitumpanua Sengkang menerima sebesar Rp1 M.

Modus penyelewengan yang dilakukan terdakwa yakni merekayasa jumlah anggota.

“Anggaran Dasar, anggaran rumah tangga yang direkayasa.kedua Koperasi tersebut pernah Vakum dan tidak beraktifitas. Sementara. Yang berhak menerima dana bergulir dari kementrian adalah Koperasi yang terus menerus beraktifitas dan tidak pernah vakum atau kategori sehat,” paparnya.

Praktis Hukum yang juga, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Lamaddukelleng, Ismail Ali. SH. MH mengatakan perkara seperti ini harus dipercayakan sepenuhnya ke penegak hukum.

“Kita serahkan kepada penegak hukum untuk memutuskan perkara kasus korupsi tersebut,”katanya.

Hal senada diungkapkan aktivis Wajo Firdiansyah SE. Menurutnya, proses hukum wajib ditegakkan sebagai konsekuensi dari tindakan yang diperbuat.

“Semua wajib diproses. Siapapun dimata hukum sama,” tegasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top