Kasus Narkoba-Kekerasan Menonjol, Tokoh Adat Prihatin – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kasus Narkoba-Kekerasan Menonjol, Tokoh Adat Prihatin

ilustrasi

PENULIS : AGUSTAPA

WATAMPONE, RB—Menonjolnya kasus narkoba dan tindak kekerasan di daerah ini mendapat perhatian serius dari tokoh adat dan tokoh agama. Ketua Dewan Adat Kabupaten Bone, Andi Baso Hamid pendekatan budaya perlu dilakukan dalam mengatasi persoalan tindak kekerasan di bumi berjuluk Kota Beradat ini.

“Nilai luhur kita Sipakatau-Sipakalebbi (Saling menghargai dan menghormati) harus ditumbuhkan kepada anak-anak kita. Nilai-nilai ini saya lihat sudah luntur. Yang muda tak lagi menghormati yang tua atau sebaliknya,” kata Baso Hamid.
Lebih jauh keturunan Raja Bone ini mengharapkan peme-rintah daerah dan muspida ber-sinergi menyampaikan pesan luhur orangtua tersebut kepada generasi muda. Demikian pula dengan persoalan narkoba. Semua stakeholder, termasuk orangtua harus terlibat proaktif melakukan penyuluhan generasi muda, bahwa narkoba akan merusak.

Hal senada diungkapkan, Kepala Kamenag Bone Drs H Muh Amin, MAg. Amin mengaku prihatin dengan maraknya kasus narkoba dan pembunuhan yang terjadi di Kabupaten Bone.  Menurutnya, salah satu upaya untuk menekan kedua kasus itu adalah melalui pendekatan agama. Peran orangtua, kata dia sangat diperlukan.

“Sebagai orangtua harus selalu waspada, dengan cara mengontrol anaknya sekaligus membekali anaknya denga ilmu agama,” ungkapnya. Jika orangtua lemah menjalankan perannya, maka informasi negatifgampang masuk ke anak, apalagi saat ini perkembangan media informasi sangat luar biasa.
“Maka dari itu, selaku Kepala Kemenag saya minta orangtua turun tangan menjaga anak-anaknya. Karena narkoba dan pembunuhan selain dilarang dalam agama juga diatur dalam hukum,” paparnya.

*

To Top