Diduga Sindikat Lintas Kabupaten – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Diduga Sindikat Lintas Kabupaten

Ilustrasi

Oknum TNI dan LSM Diringkus

PENULIS : HERMAN KURNIAWAN

WATAMPONE, RB—Kepolisian Resort Bone berhasil membekuk tiga pelaku pencurian yang diduga sindikat lintas kabupaten, Senin 16 Mei kemarin sekira pukul 22.00 Wita. Ketiga pelaku berinisial JM alias SU bin DG (32), JU bin AR (15), dan AW bin JA (22) diciduk oleh Unit III Resmob Polres Bone yang dipimpin Kanit, Aiptu Abustan Mappa.
Dari ketiga pelaku, terdapat diantaranya seorang oknum anggota TNI berpangkat kopral dua (Kopda ) serta seorang oknum LSM sekaligus wartawan berinisial JM alias SU. Pada barang bukti yang diamankan Polres Bone, terdapat kartu keanggotaan LSM dan wartawan dengan nama lembaga yang sama.
Kapolres Bone AKBP Raspani SIK dalam konferensi pers di Mapolres Bone, Selasa 17 Mei kemarin sekira pukul 16.00 Wita, mengatakan pelaku merupakan sindikat pencurian yang telah telah lama menjadi incaran Polres Bone.
“Penangkapan dilakukan anggota mulai pukul 20.00 Wita pada Senin, 16 Mei sampai dini hari. Pelaku yang diamankan ini terkait dengan kasus pencurian lintas kabupaten dengan jumlah kerugian secara keseluruhan berdasarkan laporan korban berjumlah Rp400 juta,” katanya.
Pada kesempatan itu Raspani juga membenarkan salah seorang pelaku yang diamankan merupakan anggota LSM merangkap wartawan. “Iyya memang ada kartu anggota pers yang kami temukan dengan atas nama seorang pelaku,” katanya.
Kapolres belum bisa memastikan apakah terlibat secara langsung dalam pencurian yang dilakukan pelaku atau tidak.
“Pada saat anggota hendak menangkap TO atau pelaku ada orang yang menghalang-hala-ngi. Kemudian orang tersebut ikut diamankan anggota dan nanti setelah sampai di kantor baru diketahui kalau oknum TNI. Dan yang bersangkutan telah diserahkan ke kesatuannya untuk diproses,” tambahnya.
Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Andi Asdar AMd menambakan, tiga pelaku diamankan bersama satu unit mobil avansa yang diduga digunakan pelaku menjalankan aksinya.
Sementara untuk oknum anggota yang diduga TNI bertugas di Korem 141 Toddopuli.
“Dua orang pelaku sementara dalam pemeriksaan intensif pe-nyidik kami,” katanya.
Kapenrem 141 Toddoppuli, Mayor Sahabuddin melalui grup telegram Jurnalis Mitra Toddo-ppuli membenarkan adanya oknum personel TNI yng diamankan terkait kasus tersebut.
“Betul, oknum TNI itu ada di dalam mobil pada saat kejadian. Terkait dugaan menyerang petugas menggunakan badik, sementara dalam proses pemeriksan Denpom Bone,” jelasnya.

Most Popular

To Top