Kejari Akhirnya ‘Eksekusi’ Marten Beni – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kejari Akhirnya ‘Eksekusi’ Marten Beni

Terpidana Korupsi Proyek Fiktif RSUD

Penulis: ROSDIANA SULJA

TIBOJONG, RB–Kejaksaan Negeri Bone siap mengeksekusi seorang terpidana kasus korupsi proyek fiktif RSUD Tenriawaru, Marten Beni, Rabu 5 Oktober sore ini.

“Sudah ada ketetapan hukum tetap dari Pengadilan Tipikor yang dikuatkan Pengadilan Tinggi pada 16 September lalu sehingga menjadi kewajiban kami untuk melakukan eksekusi,” terang Abdul Malik SH, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Bone.

Terpidana korupsi, Marten Beni sebelumnya pernah melakukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung namun mencabutnya pada 16 Agustus lalu. Hingga terbit putusan inckracht, 16 September lalu yang menjadi dasar JPU melakukan eksekusi.

Memenuhi panggilan eksekutor, terpidana ini pun secara kooperatif pun datang ke Kantor Kejari Bone, Jl Yos Sudarso Rabu, 5 Oktober sejak pukul 10.00 wita tadi pagi.

Ketika ditanyai RADAR Bone, alasan mencabut kasasi Marten Beni enggan bicara banyak.

“Saya tidak tahu mau berbuat apa lagi. Saya sudah siap mental jalani vonis,” katanya.

Hanya saja ketika ditanyai mengenai lama hukuman yang akan dijalani, Marten Beni mengaku sudah lupa.

“Saya lupa vonisnya karena sudah lama,” ungkapnya.
Pejabat RSUD Tenriawaru ini pun
pun mengaku sudah tiga hari tidak masuk kantor.

“Sudah tiga hari saya tidak masuk kantor,” katanya.
Saat ini Marten Beni sementara melengkapi berkas administrasi di Kantor Kejari Bone sebelum dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Gunungsari Makassar untuk menjalani hukuman selama satu tahun delapan bulan.

Terkait kasus yang menjerat Marten Beni, dua terdakwa lainnya yaknj Syarifuddin Yusmar dan Ahmad Sugianto yang pernah divonis kurungan satu tahun enam bulan di Pengadilan Tipikor Makassar, saat ini masih menunggu ketetapan hukum setelah pengajuan banding.

*

To Top