Kelulusan Siswa Mengacu Nilai UN – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kelulusan Siswa Mengacu Nilai UN

PPDB Jalur Akademik Jenjang SMA/SMK

PENULIS : AGUSTAPA

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Jika Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur non akademik di empat sekolah yakni SMAN 1 Watampone, SMAN 2 Watampone, SMAN 4 Watampone dan SMKN 1 Watampone ditentukan melalui Ujian Masuk Berbasis Komputer (UMBK), berbeda halnya dengan PPDB jalur akademik, kelulusan siswa justru mengacu pada Nilai Ujian Nasional (NUN).

Kepala SMAN 4 Watampone Drs. Andi Abd. Gaffar kepada RADAR BONE, Selasa, 04 Juli kemarin mengatakan verifikasi berkas untuk jalur akademik sementara berlangsung. Hasilnya dapat diketahui pada tanggal 10 Juni 2017 mendatang. “Bagi siswa yang menempuh jalur akademik, kelulusannya mengacu pada nilai ujian nasional (NUN),” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua MKKS SMA Kabupaten Bone Muhammad Yunus, S,Pd. Menurutnya, jalur akademik yang berlangsung di empat sekolah yang ada di kota, tidak menutup kemungkinan akan merugikan siswa baru. Pasalnya, siswa yang menempuh jalur ini bisa memilih tiga sekolah. “Jadi bisa saja pendaftar di SMAN 4 Watampone tereliminasi oleh pendaftar dari SMAN 2 Watampone jika nilainya rendah,” katanya.

Hal yang sama disampaikan Panitia PPDB SMKN 1 Watampone Elix, S.Pd. Khusus di SMKN 1 Watampone, siswa dapat memilih tiga jurusan dari enam jurusan yang ada di SMKN 1 Watampone. “Kesempatan dalam memilih tiga jurusan, bisa merugikan siswa yang rendah nilai ujian nasionalnya. Karena bisa tersingkirkan pada siswa yang tinggi nilai ujiannya, ketika mereka gagal pada pilihan jurusan pertama,” imbuhnya.

Click to comment
To Top