Kelurahan di Bone Diguyur Dana Rp22 Miliar – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kelurahan di Bone Diguyur Dana Rp22 Miliar

Kantor Kelurahan Biru saat tergenang dilanda banjir beberapa waktu lalu. Mulai tahun 2019, kelurahan akan mendapatkan dana Rp500 juta. Dana bisa digunakan untuk kegiatan fisik, salah satunya membangun drainase.

RADARBONE.CO.ID–Pemerintah pusat akan mendorong pembangunan di tingkat kelurahan. Hanya saja, pemerintah pusat tak menggelontorkan dana seperti halnya dana desa. Pemerintah daerah diminta mengalokasikan dana kelurahan di wilayah masing-masing.

Pemerintah Kelurahan bisa bernafas lega. Mulai 2019, Pemerintah Kabupaten Bone akan mengalokasikan dana sebesar Rp500 juta per kelurahan. Pengalokasian dana sebesar itu merupakan instruksi Kementerian Dalam Negeri.  Hal ini diakui Sekkab Bone, HA Surya Darma, SE, MSi saat ditemui RADAR BONE, Jumat, 26 Oktober lalu. “Dana ini bisa digunakan untuk kegiatan fisik,” kata Surya Darma.

Kegiatan fisik dimaksud, seperti membangun jalan, drainase dan mengurusi persampahan. “Untuk urusan sampah, nanti dari permukiman ke TPS menjadi tanggungjawab kelurahan. Sedangkan dari TPS ke TPA ditangani Dinas Lingkungan Hidup,” jelas Mantan Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah itu.

Diakui Surya Darma pengalokasian dana kelurahan tersebut besarannya adalah merujuk pada besaran dana desa yang terkecil yang diterima pemerintah desa pada 2019. Namun sayangnya, pemerintah pusat, kata dia tak mengalokasikan dana khusus seperti halnya dana desa. Pemerintah daerah, sambung Surya Darma memiliki keterbatasan dana. Karenanya patokan besaran dana yang diambil pemerintah daerah, yakni Rp500 juta. “Dananya diambil dari DAU nanti,” jelas Surya Darma. Diketahui, kelurahan di Kabupaten Bone berjumlah 44. Dengan demikian, pemerintah daerah harus mengalokasikan sedikitnya Rp22 miliar untuk dana kelurahan 2019.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top