Kematian Ibu dan Bayi Tinggi, Bidan Aktifkan Bola Asseddingeng – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kematian Ibu dan Bayi Tinggi, Bidan Aktifkan Bola Asseddingeng

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE– Masih tingginya angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) serta stunting, membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Bone terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, termasuk stunting.

Melalui perjanjian kerjasama Pemerintah Kabupaten Bone, USAID dan Yayasan Kalla yang dihadiri langsung Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla Mohammad Zuhair, Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bone Dr. Andi Khasma Padjalangi, M.Kes, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr. Eko Nugroho, Manajer Bidang Humanity & Environment Yayasan Hadji Kalla, Abdul Hakim dan perwakilan dari USAID di Wisma Kalla, Jl. Dr. Sam Ratulangi, Makassar pada Senin, Juni lalu.

Sebagai tindak lanjut, maka digelar Pelatihan Pelatihan Konseling Komunikasi Perubahan Perilaku Bagi Tenaga Bidan Kabupaten Bone, Selasa, 9 Juli pagi tadi di salah satu hotel Jl Salak Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Kadinkes Bone dalam sambutannya membeberkan salah satu kearifan lokal yang digiatkan untuk menurunkan AKI dan AKB dengan menggiatkan kelas ibu hami di Bola Asseddingeng.

“Tujuan Kelas Bola Asseddingeng yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengubah sikap dan perilaku ibu hamil tentang kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru dan bayi,” bebernya.

Kabid Kesmas yang menjadi salah seorang narasumber menambahkan jika saat ini jumlah Bola Asseddingeng mencapai 200-an yang tersebar pada 27 kecamatan.

“Bidan tentunya kami harapkan terus mengaktifkan kelas ibu hamil ini dan tidka ada ibu hamil yang tidak terpantau,” tegasnya.

Sementara narasumber lain dari Dinkes Sulsel, Hj Sri Wahyuni SKM MKes mebawakan materi Komunikasi Interpersoneal/Konseling.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top