Kembangkan Infrastruktur Bandara, KPUB Arung Palakka Bone Gelar Konsultasi Publik – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kembangkan Infrastruktur Bandara, KPUB Arung Palakka Bone Gelar Konsultasi Publik

RADARBONE.CO.ID_AWANGPONE–Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kantor Unit Penyelenggara Bandar (KPUB) Arung Palakka Bone bekerjasama dengan PT Antariksa Globalindo, menggelar konsultasi publik penyusunan dokumen lingkungan hidup. Di Kantor Kecamatan Awangpone, Selasa, 3 September kemarin.

Kepala KUPB Arung Palakka, Sarmin menjelaskan, konsultasi publik merupakan proses dari kegiatan amdal, berdasar hukum UU No 32 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Sosialisasi ini merupakan salah satu tahap awal dalam rangka penyusunan dokumen lingkungan hidup untuk menjaring tanggapan, saran dan masukan dari masyarakat terhadap rencana pembangunan Bandara Arung Palakka. Saat ini bandara memiliki runway (landasan pacu, red) sepanjang 1200 meter dan kami usahakan agar bertambah minimal 1600 meter. Oleh karena itu, kami mohon dan dukungannya, untuk bersama-sama kita membangun bandara ini,” harapnya.

Ditambahkan Sarmin, dengan diterbitkannya amdal tersebut, menjadi acuan dalam pengembangan infrastruktur bandara.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan pengembangan bandara. Melalui penerbitan amdal ini menjadi acuan kami dalam pengembangan bandara sesuai masterplan yang sudah kita buat. Seperti peluasan runway dan jalan masuk bandara termasuk pembangunan terminal nantinya,” tambahnya.

Kepala Bappeda Bone, Drs H Abubakar, MM mengakui kegiatan konsultasi publik bertujuan sebagai pemrakarsa untuk merumuskan isu pokok dalam proses pelingkupan dalam penyusunan kerangka acuan.

“Sosialisasi ini merupakan pra konstruksi sampai kegiatan agar dampak negatif bisa diminimalkan. Dan dampak positif dapat dibahas bersama untuk dioptimalkan,” ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Bone, A Muh Idris Rahman berpesan agar kegiatan pembangunan bandara tidak merugikan masyarakat.
“Pertama, yang ingin saya sampaikan yakni butuh perjuangan menghadirkan bandara di Bone ini. Jadi, pengembangan bandara ini saya harap jangan sampai merugikan rakyat. Ini saya minta jadi bahan pertimbangan,” pesannya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top