Kemen PU Bakal Kucurkan Bantuan Ke PDAM Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kemen PU Bakal Kucurkan Bantuan Ke PDAM Bone

Konsultasi pansus penyertaan modal di Dirjen Cipta Karya Kementerian PU di Jakarta beberapa waktu lalu.

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB-Panitia Khusus (Pansus) DPRD Bone yang membahas ranperda penyertaan modal yang berangkat ke Jakarta, tidak hanya pulang mengkonsultasikan terkait perda hibah non kas kepada PDAM, namun lebih dari itu, pansus juga memperjuangkan bantuan dari pusat yang masuk ke Kabupaten Bone.

Salah satunya bantuan berupa penyambungan air minum dan saluran air untuk masyarakat berpenghasilan rendah (Water and Sanitation For Low Income Community).

Sekretaris Fraksi Partai Golkar, A Yusuf Akbar menyebutkan, bantuan berupa hibah tersebut bersumber dari Kementerian PU Dirjen Cipta Karya.
“Untuk bisa mendapatkan bantuan, pemerintah daerah harus memiliki idol capacity atau kapasitas sumber air PDAM. Jadi PDAM Wae Manurung memberikan nama calon yang akan dipasangkan, lalu konsultan Kemen PU akan melakukan survei,” ungkap mantan Ketua Pansus Penyertaan Modal DPRD BONE tersebut kepada RADAR BONE, Senin 3 Oktober kemarin.

Masyarakat yang boleh dilayani lanjut dia, adalah yang memiliki daya listrik 1300 volt amper ke bawah
“50 persen penerimanya adalah masyarakat pengguna daya listrik 900 volt amper, lalu yang dipasang hanya nama calon penerima manfaat yang ada di berita acara base line survei,” ujarnya.
Selanjutnya lanjut politisi muda Partai Golkar itu, calon penerima manfaat akan diverifikasi untuk.memastikan apakah penerima manfaat eligible untuk dipasangkan.

“Maka rekening selama 2 bulan penggunaan air oleh penerima manfaat, perlu disertakan. Lalu akan ada berita acara verifikasi, yang dijadikan dasar pemerintah daerah untuk mencairkan hibah dari pemerintah, ke daerah,” jelasnya.

“Jadi mekanisme ini bertujuan agar calon penerima manfaat benar benar dapat menerima dan menikmati hasil dari bantuan ini, PDAM sebaiknya menurut saya harus mulai menyampaikan daftar calon penerima manfaat ini sehingga bisa segera dilakukan actual base survey dari pihak direktorat jendral cipta karya,” tutupnya.

*ASKAR SYAM

To Top