Kemenag Perintahkan Uang Warga Dikembalikan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kemenag Perintahkan Uang Warga Dikembalikan

Dugaan Pungli Dupilikat Buku Nikah

PENULIS : RISNAWATI

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone telah memanggil Kepala KUA Ulaweng, Saharuddin terkait dugaan pungli penerbitan duplikat buku nikah.

Hal ini ditegaskan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama Kabupaten Bone, Taufik Raden kepada RADAR BONE, Senin, 23 Oktober lalu.

“Sudah dipanggil Kepala KUA, tetapi dia mengaku tidak mengetahui hal itu. Ia sementara menelusuri pelakunya,” kata Taufik.

Kendati demikian, kata Taufik, pihaknya tetap melakukan penelusuran untuk mengungkap dalang dibalik praktik pungli tersebut. “Sementara masih dicari pelakunya, karena kami sudah tanya pihak KUA akan tetapi tidak ada juga yang mengaku. Apalagi bukan korbannya langsung yang melapor tapi ipar korban,” ungkap Taufik.

Taufik menambahkan jika hasil penelusuran nanti terbukti ditemukan praktik pungli, maka pihaknya memerintahkan Kepala KUA Ulaweng untuk mengembalikan seluruh uang yang dipungut dari masyarakat terkait pengurusan pembuatan duplikat buku nikah.

Pasalnya, pembuatan duplikat buku nikah tidak dikenakan biaya alias gratis. “Kalau memang terbukti nantinya kami minta agar kembalikan uang warga yang membayar tersebut,” kunci Taufik.

Diberitakan sebelumnya, pihak KUA Ulaweng menarik biaya pengurusan pembuatan duplikat buku nikah kepada warga sebesar Rp200 ribu. Hal ini terungkap setelah salah seorang keluarga korban mengungkapkan praktik nakal itu ke media.

Pihak KUA Ulaweng berdalih, biaya tersebut sifatnya sukarela dan atas inisiatif pemohon. Disebutkan juga, pembayaran warga tersebut digunakan membayar insentif tenaga honorer.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top