Kesenjangan Ekonomi Masih Tinggi, Tingkatkan UMKM Jadi Solusi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kesenjangan Ekonomi Masih Tinggi, Tingkatkan UMKM Jadi Solusi

JAKARTA, RB–Kesenjangan ekonomi di Indonesia sangat memprihatinkan. Itulah yang menjadi temuan dari Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI).

Rendahnya kualitas sumber daya manusia serta kurangnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi musabab tingginya gap antara yang kaya dan miskin.

Menyikapi hal itu, Ketua Umum HIPPI Yani Motik menuturkan, Indonesia ini sebenarnya memiliki kekayaan alam yang luar biasa bila diolah dengan baik. Misalnya saja sektor pertanian dan peternakan.

“Banyak sekali keunggulan di buah-buah dan rempah-rempah di daerah,” ujarnya di Graha CIMB Niaga, Senayan, Jakarta Selatan.

Karena itu, kata dia, HIPPI akan bergerak masif di daerah, memperkuat komoditas-komoditas unggulan di nusantara dan membina pelaku-pelaku UMKM.

“Setelah produknya bagus langsung dipertemukan dgn e-buyer. Sehingga bisa memutuskan mata rantai distribusi,” imbuhnya.

Pun demikian, pihaknya juga memberi solusi kepada pemerintah seperti peningkatan produksi susu dalam negeri. “Selayaknya pemerintah dapat menyediakan pasar bagi peternak (sapi) dengan membuat kebijakan wajib minum susu di sekolah,” pintanya.

Menurut dia, dengan kebijakan itu, pemerintah dapat meningkatkan kualitas kesehatan siswa sekolah sekaligus menampung produk susu peternak. “Untuk mengatasi pengangguran, pemerintah harus memperbanyak UMKM dengan memberikan pasar yang terbuka bagi UMKM,” pungkasnya.

To Top