Ketat Perebutan Kursi Terakhir di Dapil 7. Sekretaris Lepas: Penyelenggara Penentu – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ketat Perebutan Kursi Terakhir di Dapil 7. Sekretaris Lepas: Penyelenggara Penentu

Asmarjun

RADARBONE.CO.ID–Perebutan kursi terakhir DPRD Sulsel, di dapil 7 Sulsel kian sengit. Dua partai politik (Parpol) yakni Golkar dan Demokrat, bersaing ketat. Hasil perhitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dinilai menjadi penentu, yang lolos merebut kursi terakhir dapil 7.

Partai Golkar telah memastikan satu kursi di dapil 7 Sulsel. Hanya saja, untuk dua kursi, Partai beringin rindang, harus bersaing dengan Partai Demokrat. Disinilah, praktek kecurangan sangat rawan terjadi. Apalagi selisih suara Partai Demokrat dan sisa suara Golkar, sangat tipis.

Sekretaris Lembaga Pendidikan dan Advokasi Desa (Lepas), Asmarjun menilai, potensi kecurangan sangat rawan terjadi di dapil ini untuk perebutan kursi terakhir. Termasuk berbagai isu adanya iming-iming tertentu kepada penyelenggara Pemilu.

“Jelas hal ini menguji integritas pribadi dan kelembagaan KPU Bawaslu dalam menjalankan pemilu yang Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber) serta jujur dan adil,” ujarnya.

Ia menegaskan, masyarakat menaruh harapan besar kepada KPU dan Bawaslu, untuk tetap menjaga integritas.

“Kami melihat sejauh ini KPU dan Bawaslu, masih menunjukkan integritasnya selaku lembaga yang dipercaya oleh rakyat untuk mengawal hak konstitusionalnya. Disamping itu kami juga melihat pemerintah daerah (Bupati Bone) dalam hal ini yang juga menjadi bagian dari kontestan pemilu selaku Ketua DPD Golkar Bone, juga menunjukkan integritas selaku kepala daerah yang mengayomi hak politik masyarakat Bone,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi sistem penghitungan suara saat ini yang menggunakan metode sainte lague, dimana ada keadilan dalam porsi pembagian kursi.

“Sejauh ini Kursi DPRD Provinsi Dapil 7 Bone terbagi merata ke tujuh Partai, dimana Kursi Pertama di raih Golkar dan dikunci Demokrat untuk kursi ke tujuh,” tukasnya.
*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top